Wa'alaikum salam
Pertama-tama kita akan sedikit cari tahu apa yang dimaksud dengan adzan itu
sendiri. Adzan menurut bahasa yakni pemberitahuan dan permakluman, firman
Allah, "Dan (inilah) suatu permakluman dari Allah dan RasulNya" (At Taubah:3).
Artinya pemberitahuan dari keduanya. Menurut pengertian syariat adzan adalah
pemberitahuan tentang masuknya shalat fardhu dengan lafazh-lafazh yang khusus
(Lihat Buku Syarah Hadis Pilihan Bukhari Muslim, penterjemah Kathur Suhardi,
cet. Darul Falah). Dalil adzan :
"Jika telah tiba waktu shalat maka hendaklah salah seorang dari kalian
mengumandangkan adzan untuk kalian" (Shahih Bukhari (Fathul Bari) II/111
no.631). Adapun yang di lakukan oleh kebanyakan orang adzan ketika mayit di
masukkan keliang lahat tidak diragukan lagi kebidahannya bahkan menyelisihi
sunnah maupun akal nabi sebagaimana di riwayatkan dari Ibnu Umar ia berkata,
"Bahwasanya Nabi saw jika meletakkan (memasukkan) jenazah ke liang lahat beliau
selalu membaca "Bismillahi wa 'alaa Sunnati Rasuulillaah" (Shahih Sunan At
Tirmidzi II/255, no.1051, Sunan Ibn Majah I/494, no.1550). Juga hadis dari Al
Bayadh, Rasulullah saw bersabda : Ketika mayat dimasukkan di kuburnya, maka
hendaklah orang yang memasukkannya itu membaca disaat dia meletakkan mayit di
lahad: "Bismillahi wa billaahi wa'alaa millati Rasuulillaah" (Sanadnya Hasan;
Mustadrak Al Hakim I/366)
Dan disunnahkan pula untuk menabur ke atas kubur tiga genggaman tanah dengan
kedua tangan setelah liang lahat di tutup (HR.Sunan Ibn Majah I/499, no.1565)
dan mendoakan ampunan untuk si mayit Rasulullah saw bersabda: "Mohonlah ampunan
bagi saudaramu dan mohonkanlah kemantapan baginya karena ia sekarang sedang
ditanya" (HR, Sunan Abi Dawud). Demikian dalil-dalil yang menjelaskan di
sunnahkannya ketika menguburkan mayit dengan ringkas mudah-mudahan kita diberi
keistiqomahan diatas sunnah dan kita tidak tergelincir dengan hal-hal yang
bidah yang tidak ada contoh dari nabi dan para sahabatnya sebagaimana kata Ibn
Umar: "Setiap bidah adalah sesat walaupun manusia menganggapnya baik"
(Diriwayatkan Al Baihaqi dalam sunan al kubra I/180, Ibn Baththah dalam Al
Ibanah no.205)
Wallahu a'lam
Firdaus