"Untuk qurban kambing umur minimal itu bukan 2 tahun, tapi 1 tahun"

Jika itu domba, maka kalimat diatas shahih, namun jika kambing yang dimaksud
adalah kambing biasa, maka harus dua tahun penuh menginjak pada tahun
ketiga. Dalilnya, hadits dari Al Bara' bin Azib dalam shahih Muslim yang
artinya

Artinya: Pamanku, yaitu Abu Burdah menyembelih kurban sebelum shalat (Id),
lalu Rasulullah Shalllahu alaihi wasallam bersabda;"Itu adalah kambing
daging (sembelihan biasa bukan kurban,Pen), kemudian dia berkata:"Wahai
Rasulullah, sesungguhnya saya mempunyai jadza'ah kambing Jawa(ma'z)," maka
beliau bersabda "Berkurbanlah dengannya akan tetapi tidak cukup untuk
selainmu."

Kirim email ke