Wa'alaikum salam warahmatullahi wa barakatuh.
Afwan ikut nimbrung.
Akhi Danang, semoga Allah menjaga antum, apabila yang antum maksudkan adalah
ustadz Abu Haidar, sependek pengetahuan saya, beliau pernah kuliah di LIPIA
Jakarta. Dalam ceramah beliau sering mengkisahkan pengalaman semasa kuliah
di LIPIA. Hanya yang saya kurang tahu apakah saat itu LIPIA sudah
mengeluarkan gelar Lc atau belum. Sedangkan kalau  beliau lulusan IAIN ana
kurang tahu. Wallahu'alam.
Namun sepengetahuan ana baru kali ini ada yang menuliskan gelar Lc di
belakang nama beliau. Apakah panitia/pembuat brosur sudah konfirmasi
penulisan gelar ini?

Ana  pernah punya pengalaman ditegur Ustadz yang pertama Ustadz Fariq Ghasim
Anuz dan Abu Qotadah, hanya karena menuliskan gelar Lc, di belakang nama
beliau. Ustadz Fariq mengatakan bahwa beliau tidak punya gelar tersebut.
Sedangkan Ust. Abu Qotadah melarang menuliskan gelar karena saat beliau
lulus, LIPIA belum mengeluarkan gelar Lc.

Terkadang para panitia kajian sangat ingin mengenalkan ustadznya dengan
sesuatu yang tidak ada pada ustadz tersebut, tentu saja dengan tujuan untuk
menarik orang yang belum kenal agar datang di tempat kajian. Hal ini tentu
menyalahi amanah.
Menurut ana sebelum mencantumkan sesuatu di belakang atau di bawah nama
Ustadz, cobalah konfirmasi ke ustadz terlebih dahulu, kecuali sesuatu yang
sudah ma'ruf.

Wallahu'alam.

wasalam

Abu Dzaki