Assalaamualaikum

saya juga tinggal di pantai selatan mbak .. daerah kebumen ... jelaskan dengan
bahasa awam kepada mereka bahwa yg namanya jin, iblis dan setan dimana-mana itu
ada. masing2 juga ada daerah kekuasaannya ...
kalaupun nyi roro kidul itu ada dan pernah ada orang yang ketemu ya karena
mereka memang dibodohi oleh setan yang menyerupai wanita cantik dan
sebagainya.. bahkan ada kepercayaan setempat bahwa kalau tidak mempercayai
adanya ratu selatan itu termasuk syirik ... nah ini namanya kebablasan ...
cukuplah dijelaskan bahwa segala apa yang terjadi di dunia ini tidak akan
terjadi tanpa kuasa dari ALLoh.. mengenai adanya sesajen dan sebagainya...
kalau tidak memberi akan kualat dan sebagainya ... aqidah keislaman harus
dikuatkan .. pelan2... memang susah kalau hanya ketemu sepintas dan terus
berdakwah yang benar ... tapi musti intens dan sering memberikan contoh yang
benar sesuai tuntunan Rosulullah. karena kepercayaan yang mereka dapat adalah
turun temurun .. dan biasanya akan terjadi sesuatu kalau sajen gak dilengkapi
.. itu kan memang kerjaannya setan untuk menjerumuskan. itulah yang musti
dijelaskan kepada mereka dan disertai pendampingan layaknya menemani anak kecil
yg ketakutan.

Wassalaamualaikum

--
- abu naufal -