Assalamualaikum,

izinkan ikut nimbrung, soalan akhi syubhat pd murobbi ttg jnggot adlh
alasan yg sangat luwcu dan mengada2 sekali. Dalil2 quran dan sunnah
dtentang dg akal semata. Kl dmikian coba djwb dg akal sehat: kl orang
kafir mkn pake tgn kanan, lalu bgmn dg pak murobbi apakah sebaliknya?
Kl org kafir cebok pk tgn kiri, apa pak murobi akan sebaliknya?

Mmeliara jenggot adl sunnah fitrah, jk ada manusia sdh benar diatas
fitrah... Jgn djdkan alasan bhwa muslim tdk prlu lg brd diatas fitrah.

Kmudian alasan org kafir dah bnyk yg brjnggot... Coba sebutkan brp
prosentase "banyak" tsb? Apakh bnar2 telah mewakili knds aktual... Yg
ada namanya kafir, ya mode penampilannya ya cndrung melanggar fitrah.
Entah cukur jnggot, menutup aurat dg benar, dll.

Adapun dalil2nya yg konon tdk brlaku lg krn sdh tdk relevan dg zaman,
bs antm tmukan pd artikel2 sunnah d group ini atau selainnya, sngt
bnyk sekali. Dmikian pndpt para imam dlm mmahami dalil2 tsbt.

Wallahu a'lam.