Assalamu'alaykum warahmatullah wabarakatuh,

Saya ingin bertanya mengenai hukum menggunakan/mengkonsumsi "grape seed oil"
(100%). Saya mendapatkan minyak tersebut dari teman Korea saya (non muslim).
Bila saya lihat informasi mengenai minyak dari biji anggur ini, misal dari
Wikipedia, tertulis bahwa minyak tersebut merupakan hasil sampingan dari
industri pembuatan* wine*. *Wine* sendiri dibuat dari perasan buah anggur
yang kemudian difermentasi (yang tidak difermentasi: jus anggur), sedangkan
bijinya dikumpulkan kemudian diperas dan jadilah minyak...saya simpulkan
demikian dari sumber di Internet.

Jadi, bolehkah saya menggunakan "grape seed oil" ini? Minyak ini bisa
digunakan sebagai minyak untuk memasak dan juga bahan dasar kosmetika
(pelembab kulit).

Jazakumullah khair untuk tanggapannya.

Wassalamu'alaykum warahmatullah,

Neng Risma Liasari