Assalamu'alaikum,

saya ingin bertanya kenapa banyak orang pengikut salaf atau assunnah yang
mencampurkan bahasa Arab ke bahasa sehari2 seperti ana, antum, ikhwan dsb.
Sebelumnya mereka bicara biasa2 saja tapi setelah masuk salaf akhirnya cara
berbicaranya juga bercampur dgn bahasa Arab.

Buat saya aneh saja kok ada orang Indonesia yg bicaranya ke-Arab2an malah
kesannya jadi sombong atau eksklusif seperti orang Indonesia yg ngomongnya
bercampur dgn bahasa Inggris.

Demikian juga dgn ustad2 dari Salaf/Assunah, cara berbicara juga bercampur
bahasa Arab, buat saya orang awam jadi sulit mengerti dan keliatan "sok Arab".

Apakah ada sunnahnya kalau bicara sehari-hari juga harus memakai bahasa Arab?

Wassalam,
Zaldy