Wa'alaykumussalaam warahmatullaahi wa barokaatuh.

Dari ana (saya) pribadi, hal tsb. lebih bertujuan untuk
meng-'akrab'-kan bahasa Arab kepada saudara-saudara muslim lain. Dan
ini pun ana (saya) kira tidak begitu sulit, mengingat sudah cukup
banyak bahasa Indonesia yang merupakan serapan dari bahasa Arab,
seperti: Ahad, pekan, mualaf, musyawarah, madrasah, ta'lim, Jum'at,
Sabtu dll. Apalagi kalau ana (saya) amati, umumnya saudara kita yang
baru mengenal manhaj salaf sangat semangat untuk mempelajari bahasa
Arab.

Jika kita amati sebenarnya bukan hanya bahasa Arab saja yang nyelip di
pergaulan, bahasa Inggris pun juga cukup banyak, seperti: guys, bro,
cekidot, dll. Dan ana (saya) pikir pun tujuannya sama, menga-akrab-kan
bahasa asing kepada kita (orang Indonesia).

Begitu pun ustadz-ustadz yang menyampaikan kajian/ceramah, ana (saya)
pikir tujuannya sama, lebih mengenalkan dan meng-akrab-kan bahasa Arab
di kalangan kaum muslimin.

Bahasa Arab adalah bahasa yang istimewa, bahasa yang digunakan Al
Qur'an, Rasul Allah, serta karya-karya para 'ulama' dulu maupun
sekarang. Jika kita tidak meng-akrab-kan diri dengan bahasa Arab, ana
(saya) khawatir kita nantinya malah terhalang dari meraih ilmu yang
bermanfaat.

Semoga saudaraku mendapat taufiq dari Allah untuk mencintai bahasa Arab.

Mohon maaf bila kurang berkenan.

--
“*Al-‘Ilmu Qoblal Qoul wal ‘Amal*”

Ilmu Dulu Sebelum Berkata dan Berbuat