Hallo Mba Esti..... Sudah banyak pasien saya yang mengalami kasus seperti mba Esti. Setelah saya baca hasil lab mba esti yang dapat saya simpulkan adalah mba esti masih terpapar virus rubella saat ini karena IgM masih positif tapi tubuh mba sudah mempunyai kekebalan sendiri sekarang terhadap virus rubella tersebut karena IgG telah positif. Memang benar mba jika menilik dari hasil lab tersebut keguguran yang dialami oleh mba sebelumnya dikarenakan rubella karena saat ini IgG rubella telah positif yang menandakan mba pernah terpapar virus tersebut sebelumnya. Asal mba tau virus rubella ini sendiri tidak ada obatnya dan infeksi rubella ini biasanya tidak membutuhkan terapi yang spesifik, terapi yang diberikan biasanya hanya berupa terapi simptomatik saja. Terapi dari saya untuk mba esti perkuatlah daya tahan tubuh mba, makan bergizi, tidur cukup, jika terjadi infeksi sekunder baru minum antibiotik. Untuk masalah kehamilan saat ini mba esti sudah boleh hamil lagi karena IgG telah positif tapi bila ragu tunggulah sampai IgM negatif.
Wassalam dr. Asterly, SpOG --- In [email protected], esti karyastuti <[EMAIL PROTECTED]> wrote: > > > > > Dear Moms > Minta Informasi Ttg Infeksi Virus pada Ibu & Bayi > torch panel sy hasilnya: anti toxo IgM Negtv 0,11; anti rubella IgM Boorderline 0,84, IgG postf 213 ;anti cmv IgM negtf 0,13; mohon interpretasi hasil diatas. > kemungkinan keguguran yang saya alami bulan april lalu karena virus rubella ini , makanya Dokter meminta saya untuk menunda kehamilan dulu . > , lalu saya di kasih Isoprinosine yg diminum sabtu dan Minggu aja 3X 1 , trus Acyclovir 30 tablet diminum 3x 1 dan Zithromax 6 tablet diminum 2x1 > Btw , saya ke Dokter di RS Hermina Jatinegara > saat ini kondisi saya tdk hamil , Ada yang pernah ngalamin yang seperti yang saya alami ga yach , mau dong sharingnya atau ada yang sudah tau banyak tentang hal ini, terus terang saya masih bingung ..... > tq > Esti >
