Dear Mba Ratih... First of all, selamat ya atas kehamilannya. Pasti seneng campur deg2an ya...secara ini kehamilan pertama.
Mba Ratih...saya mo coba bantu. Memang berat ya trimester pertama itu... Walaupun kondisi tiap ibu bisa berbeda-beda. Sebenarnya berdasarkan teori, nutrisi janin saat trimester pertama belum bergantung pada asupan ibu. Hormon HCG lah yang berperan besar bagi janin pada trimester pertama 1-3bulan. Itulah sebabnya ibu2 yang mengalami emesis/ mual2 pada trimester pertama tidak menyebabkan gangguan pada janin. Tetapi perlu diingat,menjelang trimester kedua janin membutuhkan nutrisi yg jauh lebih banyak. Disinilah peran asupan ibu benar2 dibutuhkan janin. Saran saya mba sebaiknya tetap mencari sumber protein lain memang protein nabati baik, namun untuk perkembangan organ2 janin, sebaiknya menu 4 sehat 5 sempurna/ zat gizi lengkap dikonsumsi secukupnya mba. Saya punya sahabat yang mengalami anoreksia di kehamilan keduanya. Akibat terkena cacar air..dia jadi susah makan...(katanya ga nafsu sama sekali) Tenyata saat trimester ke tiga, menjelang minggu ke 36, janinnya meninggal dalam kandungan. Jadi mba...sebisa mungkin melawan keengganan makannya. Coba cari alternatif lain Mungkin dalam bentuk kue, schotel...yang ada daging dan telurnya, mba jadi lebih nafsu makan. tetap semangat ya mba Semoga kehamilannya sehat dan baik2 selalu.. Maaf, bila kurang membantu cheers, kennia
