Date: Tuesday, September 03, 2002 04:12:21 PM
Subject: RE: [balita-anda] Susu Bayi Mulai 1 Tahun

Pak Teddy, Setau saya pediasure bukan susu formula, pediasure adalah bubuk
pengganti makanan (cmiiw). Jadi kalau si anak susah makan baru deh ibu bapak
boleh kasih pediasure buat si adek. Tapi kalau kebutuhan makanannya lengkap
diterima alias nggak susah makannya ya.... berarti susu formula dan makanan
itu cukup - ngak usah pake pediasure lagi.

Buat bu Sandra, saran saya sih susu formula mana aja baik kok buat anak.
Nggak usah terlalu terpengaruh sama iklan ini-itu yg malah bikin pusing
(namanya juga promosi, pasti yg bagus2 ditonjolkan). Mulai umur 1 thn kan si
anak udah bisa dikenalkan aneka makanan yg bergizi (yg tentunya disesuaikan
dg metode memasak dan umur si anak) jadinya susu itu bukan faktor utama yg
menjadikan anak pintar dan sehat, melainkan hanya sbg faktor penunjang.
Buktinya, masih ingatkan : 4 sehat 5 sempurna.....??? susu tidak disebutkan
diurutan pertama.

Ibu bisa pilih susu yg sesuai dg umur anak, lalu selama si anak nggak
bermasalah dg susu tsb (mis. ngak jadi alergi, ngak diare dll) alias cocok
ya go on ... lanjut aja. Beda halnya kalau ada faktor lain untuk menentukan
pilihan ibu, misalnya sertifikat halal khusus untuk muslim.

Kalau pengalaman saya sendiri adalah sejak Vidya 1 thn saya termasuk berani
mengganti-ganti susu formula, mulai dari Procal -ChilKid - Andec 1+ - Gain -
Dancow 1+ - Bendera 1,2,3. (bukan promosi loh..) Kenapa? karena saya ingin
anak saya kenal aneka rasa susu dan tdk terlalu memilih ke 1 merk tertentu.
Tapi ini nggak saya saranin ke ibu2, krn tidak anak belum tentu perutnya
bisa tahan.

Gitu aja dulu, bila ada yg tidak berkenan atau salah mohon koreksi.

Salam,
Mama Vidya