From: Alia Nur Fitri <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Monday, September 30, 2002 3:39 PM
Subject: [balita-anda] Deteksi Dini Anak Autis

Sumber www.idai.com

CHAT

(Checklist Autism in Toddlers)

Untuk anak 18 bulan atau lebih

( Sumber : American of Pediatrics, Committee on Children With Disabilities.
Technical Report : The Pediatrician's Role in Diagnosis and Management of
Autistic Spectrum Disorder in Children. Pediatrics !107 : 5, May 2001)

Interpretasi

  a.. Risiko tinggi menderita autis : bila tidak bisa melakukan A5, A7, B2,
B3, dan B4
  b.. Risiko kecil menderita autis : tidak bisa melakukan A7 dan B4

  c.. Kemungkinan gangguan perkembangan lain : tidak bisa melakukan >3
  d.. Dalam batas normal : tidak bisa melakukan <3

Bagian A. Alo - anamnesis

Apakah anak anda :

  1.. Senang diayun-ayun atau diguncangguncang naik-turun (bounced) di lutut
?
  2.. Tertarik (memperhatilan) anak lain ?
  3.. Suka memanjat benda-benda, seperti mamanjat tangga ?
  4.. Bisa bermain cilukba, petak umpet ?
  5.. Pernah bermain seolah-olah membuat secangkir teh menggunakan mainan
berbentuk cangkir dan teko, atau permainan lain ?
  6.. Pernah menunjuk atau menerima sesuatu dengan menunjukkan jari ?
  7.. Pernah menggunakan jari untuk menunjuk ke sesuatu agar anda melihat ke
sana ?
  8.. Dapat bermain dengan mainan yang kecil (mobil mainan atau balok-balok)
?
  9.. Pernah memberikan suatu benda untuk menunjukkan sesuatu ?

Bagian B. Pengamatan

  1.. Selama pemeriksaan apakah anak menatap (kontak mata dengan) pemeriksa
?
  2.. Usahakan menarik perhatian anak, kemudian pemeriksa menunjuk sesuatu
di ruangan pemeriksaan sambil mengatakan : "Lihat, itu. Ada bola (atau
mainan lain)" Perhatikan mata anak, apakah anak melihat ke benda yang
ditunjuk. Bukan melihat tangan pemeriksa
  3.. Usahakan menarik perhatian anak, berikan mainan gelas / cangkir dan
teko. Katakan pada anak anda : "Apakah kamu bisa membuatkan secangkir susu
untuk mama ?" Diharapkan anak seolah-olah membuat minuman, mengaduk,
menuang, meminum. Atau anak mampu bermain seolah-olah menghidangkan makanan,
minuman, bercocok tanam, menyapu, mengepel dll.
  4.. Tanyakan pada anak : " Coba tunjukkan mana 'anu' (nama benda yang
dikenal anak dan ada disekitar kita). Apakah anak menunjukkan dengan jarinya
? Atau sambil menatap wajah anda ketika menunjuk ke suatu benda ?
  5.. Dapatkah anak anda menyusun kubus / balok menjadi suatu menara ?

Keterangan :

CHAT dikembangkan di Inggeris dan telah digunakan untuk penjaringan lebih
dari 16.000 balita. Pertanyaan berjumlah 14 buah meliputi aspek-aspek :
imitation, pretend play, and joint attention.

Pertanyaan A5, 7 dan B2, 3, 4 paling penting. Anak yang tidak bisa melakukan
hal-hal tersebut ketika di uji 2 kali (jarak 1 bulan) semua kemudian
terdiagnosis sebagai autis ketika berumur 20 - 42 bulan. Tetapi anak dengan
keterlambatan perkembangan yang menyeluruh juga tidak bisa melakukannya.
Oleh karena itu perlu menyingkirkan kemungkinan retardasi mental.