Anak usia 1 tahun minimal sudah bisa mengucapkan 5
kata yang sering dia dengar dan mengerti nama benda
saat kita sebutkan.
Jika sampai usia 13 bulan masih belum ada 1 kata pun
yang bisa disebutkan sebaiknya ibu berkonsultasi
dengan dokter untuk melihat tanda2 lain yang menyertai
autisme.
Tetapi jangan terlalu terobsesi apakah anak ibu autis
atau tidak, sebaiknya kita evaluasi keadaan rumah
misalnya
- Siapa pengasuh utama anak apakah ibu sendiri atau
pembantu/baby sitter/nenek/saudara dll
- Bagaimana karakter pengasuh utama apakah banyak
bicara atau banyak diam
- Apa saja kegiatan anak sehari-hari apakah banyak
stimulasi (dibacakan buku, diajak komunikasi,
diajarkan nama-nama benda, dll) atau lebih banyak
dibiarkan sendiri atau sambil nonton TV.

Sebaiknya komunikasi dengan anak lebih ditingkatkan
minimal jika dia belum bisa mengucapkan kata dia bisa
menyimpan kata-kata dalam memori nya dan
mengeluarkannya suatu saat.

Mamanya Dafi