Kalau istri Bapak waktu melahirkan dibantu dengan episiotomi (mudah2an
spellingnya bener) alias pengguntingan untuk memperlebar jalan keluar bayi,
maka rasa sakit di dekat dubur (tepatnya di bekas jahitan) itu normal Pak..

Kata DSOG saya.. sakitnya biasanya 3-7 hari setelah melahirkan mulai terasa
karena ada pembengkakan bekas jahitan, biasanya jadi gak enak buat
jalan/duduk, setelah itu akan kempis dan sakitnya hilang, dan +/- 2 minggu
sesudah melahirkan biasanya jahitan sudah mengering/menyatu.. kalau sangat
mengganggu ke DSOGnya aja lagi.. biasanya diberi obat penghilang rasa sakit
(sebetulnya sudah diberi sejak dari RS, cuman biasanya obat udah abis tapi
sakitnya masih..:)), sekaligus sama DSOGnya biar dicek apa memang sakitnya
karena itu, soalnya bisa juga karena jahitannya infeksi (kurang dijaga
kebersihannya) atau karena jahitannya sobek (ini kalau istri Bapak banyak
polah :))

Tips buat istrinya Bapak:
Jaga kebersihan vagina dan jahitannya :
- Kalau BAK/BAB bersihkannya yg bersih, terutama kalau habis BAB jangan
sampai kotorannya masuk vagina karena salah mbersihin...
- Bersihkan (bag luar aja lho) pakai Lactacyd Vaginal Antiseptic tiap habis
BAK/BAB/Mandi, lalu terakhir siram pake Betadine Antiseptic (botol kuning)
yg sudah dicairkan, lalu keringkan.. jangan sampai masih basah langsung
pakai CD.. ini biar gak infeksi sekaligus biar jahitannya cepet
kering/sembuh..

Untuk ngurangin sakitnya :
- Bisa dibilas pake air anget, atau "diuapin" sama uap air panas.. atau ada
yg punya resep wijen disangrai/goreng kering lalu dimasukkan kre kantong
kain/dibungkus pakai kain (spy gak kepanasan kena kulit), lalu
dikompreskan.. intinya sih diangetin Pak yaa...

Daysi