TANYA:
Saya mau tanya, dokter bilang ada beberapa obat penambah nafsu makan tetapi
efek sampingnya juga ada, efek sampingnya itu gimana Dok?... putri saya (17
bln) selama ini saya kasih penambah nafsu makan (curcuma plus) atas resep
dokter (makannya agak susah, meskipun sudah dibuat variasi macam-macam).

JAWAB:
Obat penambah nafsu makan, sebenarnya memang harus dengan resep dokter,
sebab dokter harus menilai dulu apakah memang diperlukan obat penambah nafsu
makan. Salah satu bahan pertimbangan adalah apakah berat badan anak sesuai
dengan batasan normal.

Sedangkan "penambah nafsu makan" yang kebanyakan ada sebenarnya adalah
suplemen vitamin, yang sebenarnya bila gizi anak melalui makanan sudah baik,
tidak terlalu diperlukan lagi. Boleh saja diberikan, namun sebaiknya cara
natural (dengan pemberian gizi seimbang) juga diperhatikan. Harus juga
diingat, bahwa anak yang sehat, seharusnya tidak ada masalah dalam hal nafsu
makannya.  Obat penambah nafsu makan kadang mengandung cyproheptadine atau
pizotifen yang tidak baik dikonsumsi dalam jangka panjang. Peningkatan berat
badan hanya terjadi pada sebagian penderita dan tidak pada penderita lain,
serta akan hilang bila obat
dihentikan. Efek tersebut juga sebenarnya adalah efek samping dari kedua
obat tsb, yang sebenarnya adalah obat antihistamin (untuk alergi) dan
antiserotonin. Sedangkan penggunaan lysin sebagai perangsang nafsu makan
diharapkan dapat bermanfaat pada anak dengan intake lysin yg kurang,
misalnya anak yang hanya menyukai nasi saja.

Lebih parah lagi kalau ada kandungan hormon anabolik-nya, atau
kortikosteroid, yang membuat gemuk tetapi sebenarnya karena air tertahan di
dalam tubuh, alias bengkak.

Jadi sekali lagi yang lebih penting adalah mencari penyebab anak sulit
makan. Apakah karena sakit ? atau tidak suka dengan makanannya ? atau ada
faktor-faktor lain, misalnya faktor
psikologis atau juga sedang tumbuh gigi, dll.

Semoga bermanfaat

DEDE MAULANA
mailto:[EMAIL PROTECTED]
- join bisnis sampingan? klik dibawah ini:
http://www.borntosuccess.com/index.php?member=maulana

- Anda membutuhkan Buku Panduan membantu anak belajar dengan
  memanfaatkan multiple intelligencenya? hub saya via Japri.