Abinya Jihan & Farhanah,

Saran yang Anda terima itu sebenarnya termasuk yang disebut mitos-mitos
dalam merawat bayi.
Mitos ini adalah kepercayaan atau kebiasaan atau tradisi yang diwariskan
turun-temurun.

Karena mitos, ya manfaatnya ya bisa dipertanyakan.  Sebagian ada yang baik
dan bisa dicarikan rujukan ilmiahnya, sebagian lainnyamalah bisa merugikan
atau minimal tidak bermanfaat.

Mitos-mitos yang lain, misalnya:

*Bayi baru lahir harus dipakaikan gurita agar perutnya tidak kembung/besar
*Setelah tali pusat puput, pusar bayi harus ditindih dengan kepingan uang
logam agar pusarnya tidak bodong
*Bayi baru lahir harus dibedong agar kakinya tak pengkar (berbentuk huruf X
atau O)
*Pamali memandikan bayi setelah pukul 3 sore. Jadi bayi hanya dimandikan
sekali sehari. Bahkan ada anggapan bayi baru boleh dimandikan setelah 40
hari
*Ibu dan bayinya tak boleh keluar rumah atau melakukan aktivitas sebelum 40
hari sejak persalinan
*Kuku bayi tak boleh digunting sebelum si bayi usia 40 hari
*Bayi usia 3 hari sudah harus diberi nasi yang dihaluskan dengan pisang

Salam,
Ayahnya Abghia