Saya dapat artikel seperti ini, saya copy saja seperti aslinya, mudah-2an
berguna untuk nafsu makan:

Khasiat Lempuyang

      Monday, November 22, 1999 11:51 PM
      Stella Martini

      Lempuyang itu berupa rimpang/akar seperti jahe. Kalau dilihat dari
luar
      bentuk dan warnyanya persis seperti jahe. Kalau dipotes dan dicium
baunya
      baru ketahuan bedanya, baunya sangat berbeda dengan jahe.
      Di Jakarta sangat sulit untuk menemukan lempuyang, saya sudah sering
titip
      sama mbok di pasar, tapi tidak pernah dapat. Biasanya saya titip ke
Ibu
      saya di Bogor, di sanapun tidak banyak yang jual, tapi masih ada satu
atau
      dua orang penjualnya di pasar tradisional. Mungkin kalo di Jakarta
bisa
      minta tolong sama tukang jamu gendong (barangkali, saya pun belon
pernah
      coba).

      Caranya begini, ambil lempuyang kurang lebih sebesar ibu jari, kupas
lalu
      cuci pake air mateng (jangan pake air panas), parut, lalu ambil airnya

      saja.
      Kalau lempuyangnya udah ketuaan biasanya airnya sedikit, jadi
tambahkan
      saja 1 atau 2 sendok teh air matang (jangan air panas, sebab nanti
patinya
      akan keluar dan jadi kental kayak bubur).
      Campur dengan madu/vitamin lalu berikan pada bayi pagi-pagi sebelum
minum
      susu/sarapan. Saya biasa memberikan seminggu dua kali.
      Selain bisa menambah nafsu makan, juga baik untuk mencegah cacingan.
      Ohya, hasil parutannya akan berwarna kekuningan dan rasanya pahit
bukan
      main. Mungkin pertama-tama akan sulit mencekoki si kecil, tapi
lama-lama
      dia akan terbiasa dengan rasanya, seperti anak saya.