Mba Dian,
Aku pernah ngurus passport anakku Salmaa (skrg 3.5 th), waktu itu umurnya masih 2
tahun, aku urus sendiri di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan. Syarat2 nya sama dengan
yang Mamanya Salsa kasih tau.
Dulu aku sempet nanya ke agent yg biasa ngurusin dokumen untuk expat di kantor aku,
biayanya untuk yg 24 halaman lumayan mahal Rp. 325.000,-. Berdua sama aku jadi Rp.
650.000,-.
Jadi mending aku urus sendiri aja, biaya nya untuk kita ber 2, cuma Rp. 120.000,- dan
lumayan cepet kok, cuma 1 minggu. Hari Senin aku dateng sendiri bawa semua syarat asli
dan photo copynya. Hari Rabu aku bawa Salmaa untuk sidik jari dan photo. Hari senin
depannya aku ambil passportnya. Lumayan cepet kok prosesnya, antrinya juga ga lama.Ga
sampe 1 jam dech. Lumayan, bisa hemat. Masa berlakunya sama dengan masa berlaku
pasport kita.
Krn Salmaa masih di bawah 12 tahun, peraturan di Indonesia harus nempel di passport
ibunya. Kayaknya ga boleh dech nempel di ke 2 ortunya. Harus salah satunya.
Sekarang aku ber domisili di Singapura, dan sekarang passport Salmaa udah pisah dengan
aku. Kalo di Imigrasi S'pore, gampang banget ngajuin pisah passport. Dengan alasan
kepentingan sekolah. Kalo di Jakarta pengalaman temen ku susah pisah passport, bisa
Rp. 900.000,- an biayanya. Dan itu pun birokrasi nya panjang. Kalo passport kita dan
anak nempel, setiap kita ke LN, anak hrs dibawa. Soalnya aku pernah cuma ke batam
untuk urusan banking, pulang hari, dan aku ga bawa anakku, aku langsung di suruh
pulang lagi ke Singapore, ga boleh masuk tanpa bawa anak.
Maaf kalo kepanjangan. Semoga Membantu.
Rini
 Hani Dian Indrati <[EMAIL PROTECTED]> wrote:Mbak Dian,

Kalau waktu itu aku minta tolong ke travel agen yg biasa ngurusin ticket di
kantor
Seperti biasa kayak mau bikin pasport baru kita harus lengkapi dgn :
Fotocopy KK
Fotocopy KTP
Fotocopy Surat Nikah
Fotocopy Akte kelahiran si anak
Fotocopy Ijazah terakhir si Ibu

Kalau si Kecil biasanya ditempel ke passport Ibu
Waktu itu di Bdg biayanya sekitar Rp. 300,000 an

Expire nya ngikutin passport Ibu.

Regards,
Mamanya Salsa