Hal yang ibu alami serupa dengan yang saya alami. Yang disarankan dokter saat itu
adalah kita harus rajin memassage mata si bayi tsb dengan memakai kapas yang dibasahi
dengan air hangat. Hal ini agar saluran dimata bayi ini tidak tersumbat. Saat itu
dokter juga memberikan tetes mata yaitu Garamycin tetes mata. Bayi saya belekan itu
cukup lama yaitu sampai sekitar 7 bulanan. Bukan hanya belekan aja mata bayi saya saat
itu, tapi setelah belekannya hilang, mata yang kanan sering mengeluarkan air mata tapi
lama kelamaan kadar air matanya ini hilang juga. Dan saat ia berumur 9 bulan sempet
saya bawa ke dokter mata di RSPI (dr. Ratna), hanya sekedar konsultasi & mengecek
kondisi mata anak saya tersebut, (karena kebetulan juga saya dan suami saya berkaca
mata), jadi saya ingin menanyakan keadaan mata anak saya ini. Namun setelah diperiksa,
tidak ada kelainan apa-apa. Dan disarankan setelah umur 4 / 5 tahun dibawa kembali
sekedar kontrol aja.
Yah sekedar sharing aja, semoga bermanfaat.
 "Angela A. Tjiptarahardja" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:Rekan-rekan milis,saya baru
saja melahirkan anak kedua. Sejak lahir mata kanan anak saya kotor (seperti belekan).
Sewaktu kontrol ke dokter anak, saya diberi Cendo Fenicol, 4 x sehari, 2 tetes,
diberikan selama 5 hari berturut-turut. Tetapi sangat sulit untuk memberi 4 X sehari
karena seperti umumnya bayi baru lahir, anak saya sering tidur. Jadi umumnya saya
hanya bisa memberi 3 X sehari. Setelah 5 hari ada teman saya yang memberitahu untuk
memberi kembang teleng (warnanya ungu). Jadi kembang teleng di cuci bersih, lalu
diseduh dengan air mendidih. Airnya lalu diteteskan ke mata. Setelah diteteskan makin
banyak kotoran mata yang keluar, warnanya kuning, ada yang agak hijau muda. Malah mata
kirinya yang tadinya tidak kotor sekarang (setelah diteteskan kembang teleng) jadi
keluar kotorannya.Kata teman saya kembang teleng memang berfungsi untuk mengeluarkan
kotoran yang ada di mata.Saya jadi bingung, apakah anak saya terkena sakit mata atau
infeksi atau tidak, karena anak pertama saya tidak mengalami hal ini, sejak lahir
matanya bersih. Apakah harus saya bawa ke dokter (dokter anak atau dokter mata ?).
Kalau harus dibawa ke dokter mata, dokter mata siapa yang bagus untuk bayi. Maaf jika
pertanyaan saya terlalu banyak. Mohon bantuan rekan-rekan milis untuk sharing untuk
masalah saya ini.Terima kasihAngela