bravo.. bravo.. setuju banget sama pendapat ibu2 termasuk ibu Rini yang melahirkan secara caesar. Saya juga terpaksa melahirkan caesar karena ketuban berkurang dan setelah diinduksi bayi saya malah kekurangan oksigen jadi harus dioperasi caesar secepatnya supaya kondisinya nggak semakin buruk. Alhamdulillah kondisinya sekarang (16 bulan) sehat dan perkembangannya normal.
Dari tadi saya baca pendapat ibu2, saya senyum2 sendiri walaupun nggak terpengaruh sama emailnya mbak Maria. Saya nggak down dan percaya banget kalo anak itu punya kelebihan dan kekurangan masing2, bukan ditentukan oleh sejarah kelahirannya.

From: "Rini Haeriah" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
CC: "Rini Haeriah" <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: RE: [balita-anda] Melahirkan Cesar
Date: Wed, 26 Feb 2003 16:58:00 +0700

Mba maria, saya baru dengar tentang pendapat ini, saya rasa kalo penelitian psikolog itu blom bisa dipertanggung jawabkan, ga usah disebarkan dahulu karna hanya akan membuat risau para ibu yg terpaksa harus melahirkan dengan cara caesar. Kalau anak yang lahir diluar nikah mungkin bisa jadi nantinya dia mempunyai dampak psikologis, tapi kalau dampak psikologis/trauma anak yang lahir caesar disamakan dengan anak yg lahir diluar nikah, dasarnya apa? Parameternya apa?
Tolong disebarkan hasil penelitiannya ke publish,....

Benar kata mba renny pada dasarnya semua wanita maunya melahirkan secara normal, tetapi karena pertimbangan medis terpaksa harus melahirkan dengan cara caesar, seperti saya juga. Tapi apa bedanya sih normal ato caesar? toh dia juga seorang ibu,..yg tetap harus memperjuangkan hidup dan mati nya demi kelahiran si buah hati, yang penting ibu dan anak selamat, ya kan?!
Saya sama sekali ga merasa down sih, Alhamdullilah anak saya yang lahir secara caesar sampai saat ini sehat, periang, cerdas,perkembangan motoriknya termasuk cepat,....

Itu aja pendapat saya,...

Cheers,..

-rini-

-----Original Message----- From: Maria Christina Putri Nugroho [mailto:[EMAIL PROTECTED] Sent: Wednesday, February 26, 2003 3:59 PM To: [EMAIL PROTECTED] Subject: Re: [balita-anda] Melahirkan Cesar

Hallo rekan-rekan:
Saya setelah membaca tulisan tentang teman-teman, tentang operasi cesar. Sebenarnya ada efek samping yang teman-teman tidak ketahui, saya mempunyai teman seorang psikolog yang sedang meneliti perlaku bayi yang lahir cesar dan yang lahir normal. Ternyata dari beberapa respondennya didapatkan bahwa anak yang lahir cesar mempunyai trauma psikologis yang cukup berat, dia menjadi pribadi yang kadang menyalahkan dirinya sendiri, atau kadang malah tidak tahu tujuan hidupnya itu apa (trauma ini hampir sama dengan trauma anak yang lahir karena hamil diluar nikah). Untuk itu pertimbangkan masak-masak kalau akan memilih jalan cesar, jangan hanya kita enggak mau sakit atau kurang berani untuk melahirkan secara normal, karena trauma yang akan diderta anak kita dengan kelahiran cesar ini cukup fatal lho (*walaupun tidak semua mengalami trauma sih)
Saya kira demikian sedikit renungan dari saya
Salam Hangat
Maria
Anna <[EMAIL PROTECTED]> wrote:Makasih ya Mbak atas infonya.

Salam,
Anna