----- Original Message -----
From: Papahnya Dira <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>; Lilis Suryawati <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Thursday, February 27, 2003 2:21 PM
Subject: [balita-anda] Melahirkan Vacuum was: Re: [balita-anda] Melahirkan
Cesar

On Thursday 27 February 2003 09:01, Lilis Suryawati wrote:
> Benar sekali apa yang dikatakan Mbak Evi, saya juga melahirkan dengan
> proses caesar karena anak saya kembar. Kayaknya sampai sekarang ini kedua
> anak saya sama sekali tidak terlihat seperti anak yang mengalami trauma
> psikis dan tidak percaya diri. Malah anak saya yang satu malah menjadi
> terlalu PD, karena memang kemampuannya agak sedikit melebihi rata2 anak
> seumurnya. Saya juga berpendapat sama dengan Mbak Evi, setiap ilmu itu kan
> dikembangkan dengan tujuan untuk membantu, juga ilmu kedokteran seperti
> caesar.

Husni:
saya setuju, karena tidak semua ibu ingin operasi caesar, dan yang
menjadikan
anak kurang PD atau trauma itu lebih banyak dipengaruhi oleh kondisi
psikologis dari ibu-nya (bukan karena operasinya)

Lilis:
Kalau saya baru mendengar anak yang mengalami proses vaccuum,
> memang yach akan mengalami gangguan dalam perkembangan tingkat
> kepandaiannya, karena kepalanya harus disedot saat dilahirkan.

Husni:
Saya kurang sependapat, karena itu hanya penglihatan kita aja (proses vacuum
akan menyedot kepala, otak ada di kepala, jadi terpengaruh) dan belum ada
penelitian yang valid yang meneliti mengenai perkembangan otak setelah
vacuum. Saya lahir melalui proses vacuum demikian pula dg Putri saya (dira),
dan mudah2an saya dan putri saya tidak terpengaruh tingkat kepandaiannya ;)

Asih :
Sekarang sudah jaman modern, ilmu kedokteran juga mengalami banyak kemajuan.
Di RS tempat saya melahirkan ada lho DSOG yang lahirnya melalui proses
vacuum. Anak saya yang kedua juga melalui proses vacuum, selama tiga hari
setelah lahir mendapat suntikan yang kata DSOGnya untuk melindungi otak/
kepala dari proses vaccuum tersebut (cmiiw). Alhamdulillah sampai saat ini
perkembangannya tidak mengalami hambatan dan semoga seterusnya.

Lilis:

> Saya pikir memang teman Mbak Maria itu harus membuktikan dulu surveynya
> dari mana dan apakah telah dikaitkan dengan bidang keilmuan.

Husni:

best regards

papahnya dira

http://www.indokado.com/kelahiran.html