From:   Elisabet Ambarwati [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent:   Wednesday, March 19, 2003 9:52 AM
To:     [EMAIL PROTECTED]
Subject:        Re: [balita-anda] test mantoux

dear mbak ade,
tes mantoux itu biasanya dilakukan kalo anak kita batuuukk terus, kayak
anakku dulu. udah berobat ke dsa dan dikasih obat selama 5 hr. sampe obatnya
abis tapi masih batuk. trus ke dsa yg lain lagi (sampe 3X ke dsa
berturut-turut) trus juga udah diinhalasi 6X TETEP batuk juga. sampai saya
juga putus asa, akhirnya ke dr Eddy Widodo,SPA diminta test mantoux &
rontgent paru. ternyata positif kena flek paru-paru. Jadi test suntik
mantoux itu u/mengetahui apakah anak kita kena flek ato tidak. biasanya
setelah  disuntik mantoux selang 3 hari, kalo positif kena flex di tangan
bekas suntiknya akan keliatan lingkaran merah sebesar uang coin (tapi selama
3 hr bekas suntiknya enggak boleh digosok/gosok ato kena air, trus
diameternya diukur sebesar 15mm).kemudian dikasih obat dan rutin anakku
minumnya  setiap pagi dan sore selama 6 bulan (sekarang baru 5 bulan minum
obatnya). trus setiap bulan kontrol ke dokter u/liat bb-nya naik ato enggak
(biasanya anak yg kena flek, bb-nya sulit naik) dan dikasih obat, kalo gak
salah ada rivanpichin dlm racikan puyernya.
dulu saya berobat ke RS HARAPAN KITA bulan okt 2002 kalo gak salah u/ suntik
mantoux nya Rp. 55.000 dan rontgent Rp. 40.000. mengenai umur berapa anak
bisa ditest, kayaknya dari bayi juga udah bisa (+/- 2 bulan). soalnya waktu
itu anakku ditest mantoux pas hutnya yg I (sedih deh... soalnya gak bisa
dirayain berhubung sakit).
demikian sekedar sharing dari saya. maaf  kalo kepanjangan....
bunda andreas