Anak saya memang pernah BCG dan lingkaran merah dari reaksi test mantoux
itu hanya sebesar <5mm tapi memang dinyatakan positif (normal) karena
pengaruh vaksin BCG tadi pak .. harusnya sudah/belum divaksin kita harus
berpedoman pada hasil reaksi >10mm dan rontgenya pak ..(cmiiw)

                      Hendarwin

                      <[EMAIL PROTECTED]>          To:       [EMAIL PROTECTED]

                                               cc:

                      08/15/03 03:12 PM        Subject:  RE: [balita-anda] Test
Mantoux
                      Please respond to

                      balita-anda

bu Lenny,
kok penjelasan dari DSAG saya agak beda yah ? (atau kayaknya saya salah
tangkap ?)
katanya kalo tes Mantoux (+) , yaitu berupa reaksi merah di kulit, artinya
(1) sudah ada imun dlm tubuh, yg artinya BCG yg dulu itu masih effektif dan
anak normal ... (2) si anak terkena TBC.
Tapi kalo (-), atau mulus2 aja, justru artinya belum ada imun di tubuh,
artinya bisa (1) BCG yg dulu sudah tidak effektif / tidak ada imun dan si
anak normal atau (2) si anak sudah terkena TBC tapi imun tubuh belum
terbentuk...
Jadi ujung2nya harus dirontgen juga...

thx