From: Edy Subrata [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: 10 Juni 2003 7:53
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: [balita-anda] OOT-Genset buat rumah - sorry

Menghidupkan peralatan listrik dengan starting current yang lebih tinggi
daripada kapasitas genset beresiko merusak peralatan listrik yang dihidupkan
pada saat itu karena tegangan menjadi turun. Peralatan listrik seperti TV,
kulkas, lampu, dll adalah peralatan listrik yang pada umumnya sensitif
terhadap tegangan listrik (kecuali sudah dilengkapi unit stabilizer oleh
produsennya).
Kerusakan peralatan-peralatan tersebut tentu juga bukan ongkos yang murah
untuk solusi tersebut.
Saran saya, pakai genset dengan kapasitas yang minimum lebih tinggi dari
starting current dari peralatan yang starting currentnya terbesar (dalam hal
ini misalnya AC). Cara memakainya adalah dengan mematikan semua peralatan
listrik, hidupkan genset, hidupkan AC, baru menghidupkan peralatan lainnya.

Regards,
Edy
www.yahoogroups.com/group/konsumen-l