Hi mbak Hilda,

Saya pernah baca salah satu artikel di  web nya CDC (Centers for
Disease Control and Prevention .... - masih penasaran kok singkatannya
nggak CDCP ya? :))  'ingus' kental (kadang bening, putih atau bahkan
hijau) justru pertanda anak sudah mulai recover dari pilek/hidung
melernya.

Waktu virus menginfeksi area hidung or sinus, hidung memproduksi
lendir (hidung meler) yang fungsinya membersihkan virus.  Setelah
beberapa waktu, sel imun tubuh anak akan membasmi virus tsb. ....
membuat lendir jadi mengental atau berwarna putih/kuning.  Kadang
ingus jadi 'hijau' , itu karena ada bakteri baik dalam hidung yang
ikut mengubah warnanya lendir .... dan itu tetap normal.

Itu sebabnya kalau anak kondisi pileknya sudah seperti ini, justru
sudah mulai akan sembuh, mbak.  Justru masa resiko menular itu saat
infeksi virus flu terjadi (sekitar 2-3 hari sebelum hidung anak
meler).

Yang dilakukan mbak Hilda sudah benar,  dan tepat sekali kalau mbak
tetap observe kondisinya Jonathan selama home treatment itu.  Ini
untuk tetap waspada dengan resiko sinusitis kalau memang pilek (ingus
kental) nya sudah lebih dari 2 mingguan, atau ada demam, sakit kepala,
or napas jadi bau.  Perlu konsultasi ke dokter untuk treatment seperti
ini.

Pengalaman saya, kalau Jovan mulai agak flu (mulai serak suaranya -
belum sampai meler, atau ada orang rumah yang sedang flu, saya minta
dia minum air putih hangat lebih banyak dari biasanya.  Paling lama 2
malam sudah ceria lagi deh :)
Selama Jonathan mengalami pilek, tapi tetap 'pecicilan', apalagi tetap
bagus makan-minumnya, nothing to worry mbak :)

cheers,
Sylvia - mum to Jovan & Rena

On 2/16/06, Hilda <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Anakku (Jonathan - umur 3,6 th) kira2 2 mingguan yg lalu sakit flu, trus
> belakangannya disertai batuk. Selama ini aku sudah obati sendiri dengan
> memberi dia madu, kencur, juice apel/jeruk dll makanan kaya gizi, trus
> menghindari makanan/minuman dingin. Lumayan, kira2 2-3 hari setelahnya dia
> ngga meler2 terusan dan batuknya ngga kedengaran lagi, tapi pileknya masih
> ada sedikit2 dan lama2 jadi agak kental gitu (sorry).. Sampe hari inipun
> pileknya masih ada sedikit2, dan kalo di-sisi-kan pasti ada ingusnya.... saya
> [...]

<deleted>