Ibu Lindi,

Mohon maaf baru bisa menjawab emailnya sekarang.

Utk rekaman siaran TV-nya kebetulan saya tidak merekam.
Saya coba cari di website station TV tsb tapi sepertinya
tidak ada.

Seingat saya sih yg dibahas waktu itu hanya masalah ultrasonic,
krn pada awalnya acara TVnya membahas bagaimana dolphin
melakukan komunikasi antar mereka, kmd dilanjutkan dg music
yg menghasilkan suara ultrasonic dan hubungannya dg kecerdasan.

Di Jepang, penelitian ttg perkembangan otak pada anak balita
sampai saat ini sangat banyak dilakukan, termasuk bagaimana memberikan
stimulasi yg optimal supaya perkembangan anak menjadi lebih baik.

Banyak sekali pusat penelitian ttg perkembangan anak balita ini.
Pemilik SONY, perusahaan elektronik itupun mempunyai pusat
penelitian perkembangan anak balita yg sangat besar.

Dan sbgan besar merujuk ke perkembangan otak kanan
pada anak balita yg mempunyai potensi sangat besar utk
berkembang lebih baik lagi. Dan INTI utk mengembangkan otak kanan
anak balita adalah KASIH SAYANG, dg menjadikan anak
sbg SUBYEK-nya.
Yg sering salah, krn merasa sayang ke anak, orgtua melakukan
apa saja demi anak tanpa peduli apakah anak tsb senang atau tidak,
terpaksa atau tidak dg apa yg diinginkan orgtua.
Padahal, jika anak mulai merasa terpaksa/dipaksa melakukan sesuatu hal,
maka hal tsb tidak akan menghasilkan apa-apa bagi anak, tapi justru
rasa stress.

Yg sering salah paham juga, jika kita mengatakan "belajar" pada
anak, yg muncul adalah image bahwa anak dipaksa atau dijejali
dg berbagai hal yg tidak disukai anak, dan org tsb akan mengatakan
bahwa yg diperlukan oleh anak adalah "bermain".
Padahal, pada saat anak bermain itulah dia sedang belajar. Kita
orgtualah yg perlu mengarahkan permainan apa saja yg sebaiknya
dilakukan oleh anak supaya permainan tsb bisa memberikan
stimulasi pada seluruh aspek perkembangan anak.

Jadi, apapun itu, entah bermain mobil2-an, belajar membaca, menulis,
musik dan apapun juga, SELAMA anak melakukannya dg senang dan TANPA
rasa terpaksa, anak akan mampu melakukannya.
Sebaliknya, jika orgtua yg berpendirian bahwa anak balita hanya perlu
"bermain" dg persepsi yg dimilikinya, dan MEMAKSA anak bermain
mobil2-an terus, maka anakpun tidak akan berkembang dg baik,
terutama perkembangan emosinya yg setiap harinya dipaksa terus.

Wah maaf... kok jadi melenceng dari subject emailnya..

OK deh.. sekian dulu aja..

rgds,

Taufan