Anakku Farhan( 2,10 th) juga suka mukul, pertama-tama main akur-akur aza
lama kelamaan teman mainnya itu dipukul kalo ga di dorong, sering lho, dan
rata-rata pada nangis semua aku jadi ga enak sama ibunya anak
tersebut.Kadang Farhan suka juga mukul aku dan Mbaknya, dan biasanya aku
kalo dipukul pura-pura nangis trus langsung dech deketin aku trus bilang "
Bunda sakit yach Paan pukul, jangan nangis yach Bunda " sambil dielus-elus
kepala Bundanya kalo dah gitu rasanya aku merasa orang yang paling disayang
oleh anakku, cuma yang aku heran kalo mukul temannya trus nangis tidak ada
rasa bersalah gitu, cuma aku ajarin supaya Farhan minta maaf sama temannya
dengan mengajaknya salaman.

Kadang kalo malam aku suka dongeng tentang surga dan neraka, disitu
dijelaskan kalo neraka adalah tempat anak-nak yang nakal, suka membantah
sama orangtua dsb trus dineraka ada apinya panas sekali seperti dikompor,
lalu kalo di surga  tempat anak-anak yang baik, disana banyak mainannya
dsb.Farhan sering aku tanya milih yang mana ? So dia pilih syurga karena
banyak mainannya, trus aku bilang lagi kalo pilih syurga Farhan harus jadi
anak yang baik, ga boleh nakal sama teman-teman juga sama Ayah, bunda dan
Mbak.

Memang umur segitu adalah masa-masanya anak dalam memperlihatkan egonya
masing-masing, yang terpenting diarahkan jangan pernah menghukum anak dengan
cara yang berlebihan karena akan jadi trauma di masa yang akan datang.

Regards,
bunda Farhan-S