From: Mama Kavindra [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Tuesday, March 28, 2006 8:09 AM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: Re: [balita-anda] telinga anak mengeluarkan cairan bening

Pak Rahman,
Anaknya sering minum sambil tiduran yah... bs jadi
otitis media nih.. alias radang telinga tengah
Sependek penget aku dr milis sebelah nih begini

soal kenapa bisa menjadi otitis media, di kepala
terdapat "terowongan" kecil namanya eustachian tube yg
menghubungkan telinga, hidung & tenggorokan
(THT)...pada anak, lubang tsb masih kecil dan
cenderung datar sehingga cairan yg masuk ke telinga
tidak mudah di keluarkan...jadi kalau anak minum
sambil tiduran, ada kemungkinan sebagian cairannya
masuk ke
telinga tapi tidak keluar lagi, kena jebakan batman
deh...

cairan yg menggenang didalam telinga bag. tengah ini
merupakan kondisi yg ideal bagi mikroorganisme untuk
hidup & tumbuh...kalau ada bakteri yg nangkring dan
bertambah jumlahnya bisa menyebabkan otitis media itu
deh...tapi semakin besar si anak, kemungkinan terkena
otitis ini semakin
kecil karena lubangnya semakin besar dan juga semakin
landai menurun, tidak datar lagi

Gejala otitis media:
- Umumnya terjadi pada bayi berumur 4 bulan-anak usia
5 tahun.
- Telinga sakit.
- Demam.
- Anak suka menarik/menggaruk telinga.
- Pendengaran dan nafsu makan menurun.
- Keluar cairan kuning atau darah dari dalam telinga
(sangat jarang terjadi).
- Seringnya terjadi following ISPA, spt. colds, krn
dpt menyebabkan  radang & penyempitan eustachian tube.

Klo pengobatannya sih konsul ama THT aja.. but bs
dihindari dg tidak membiasakan anak minum sambil
tiduran.

Smoga cepat sembuh yah anaknya..

Uci mamaKavin

Uci mamaKavin