Aku mo cerita pengalaman ya ...

Waktu aku nyusuin anak I (alvero) aku pernah ngalamin yang seperti itu,
pak.
Rasanya ... suakiiit banget. Sampe meriang dan mo ngapa2in susah.
Karena bingung aku ama suami ke salah satu RSB di jatinegara dan konsul
ama salah satu dokter bedahnya (tumor).
Anggap saja Dr. X. Dia juga Dr bedah senior di cipto.
Setelah menunggu hampir 1 jam menahan sakit dan senderan mulu di kursi
tunggu akhirnya dokter datang.
Kebetulan aku pasien yang I.
Waktu masuk ke ruangan dia nanya :

Dr  X      : Istrinya kenapa pak ?
Suami   : Sudah beberapa hari ini payudaranya sakit pak. Ada benjolan di
payudaranya.
                  Mungkin karena keluar asinya ga lancar.
Dr X       : Oh saya tau. Banyak kok ibu menyususi yang ngalamin seperti
itu. Coba ibu keruang periksa.
(saya  duduk di kasur periksa dan dokternya liat benjolannya)
Waktu ngeliat dia cuma ngelongok doang dan dia langsung balik ke kursinya
dan bilang ke suami :

Dr X      : tar bedah jam 15.00 (kira2 waktu itu jam 10 pagi)
Suami  : Hah. kok bisa dok ? mang ga ada alternatif yang lain ?
Dr X      : Kalo mo istrinya cepat sembuh ya bedah ... (gubraaak ga
dengernya ?)
Suami  : Biayanya berapa dok ? (karena uang kita pas2an)
Dr X      : Coba tanya aja ke bagian administrasi. Kalo bapak mo ngirit
bapak beli obat XXX (saya lupa nama obatnya) di apotik XXX.
                 Apotiknya deket kok dari sini. Harga satuanya 1.5 jt
bapak beli 2.
Suami  : Kita ke bagian adminstrasi dulu ya dok mo nanya2.
Dr X      : silahkan pak.

Setelah saya tau biaya bedahnya mahal (buat kita) saya diskusi ama suami
akhirnya kita ambil keputusan cari alternatif yang lain.
Langsung kita ke puncak yang pengobatannya menggunakan kuku jari.
Ternyata setelah konsultasi disana pengobatannya didampingi dengan dr.
anastasi juga. akhirnya batal.
karena kita beranggapan kalo mesti didampingi dr juga mendingan di rs
sekalian.
balik kejakarta sampenya sore langsung kita ke Prof dekat rumah. Dr suami
dari kecil. Saya dikasih obat dan dia bilang ga mesti bedah.
setelah 3 x minum obat dari Prof itu ga ada perubahan juga. Malam saya dan
suami ke menteng.
Disana ada kyai saudara temannya suami. Dulu dia pernah mengobati pejabat
yang sakit jantung. Katanya pejabat itu sembuh dan akhirnya dia disuruh
nempatin salah satu rumah pejabat itu yang dimenteng.
Sampe disana saya diobatin dengan pengobatan alternatif. Daun XXX (saya
lupa namanya) dihaluskan dan dicampur asam jawa lalu dibalurkan di tempat
yang bengkak. Adem sih ... setelah itu saya dikasih minum air putih dari
dia. Dia pesen nanti dirumah yang bengkak dibalurin aja terus ama asam
jawa.
SSttt, waktu disana ada artis yang sekarang da cerai konsultasi juga.
Sepertinya dia minta sesuatu deh hehe (ups jadi gosip ...)
Setelah itu kita pulang. 2 hari bengkaknya ga ada perubahan malah ditempat
yang bengkak keluar matanya.

Karena hopeless akhirnya saya dan suami memutuskan ke cipto ketemu Dr XXX
tadi untuk bedah.
Waktu disana kita ketemu calon Dr (mahasiswa kedokteran) yang lagi
praktek.
Kita cerita mo ketemu dr. XXX mo bedah dan kita cerita pembicaraan kita
dengan dr. XXX di RSB jatinegara itu.
Kebetulan Dr. XXX itu lagi operasi pasien.
Mahasiswa itu penasaran dan dia mo liat bengkaknya.
Setelah liat dia pastiin beberapa kali nama Dr. Itu.  Dan kita yakinin Dr.
XXX ini dokter senior cipto itu.
Setelah yakin mahasiswa itu bilang ;
Mahasiswa    : ga perlu bedah, bu.
Saya                : Tapi saya mo bedah. Saya da ga tahan lagi. Kata dr.
XXX mesti bedah
Mahasiswa    : Ga perlu bedah, bu.
Setelah dia konsultasi dengan dr pembimbingnya saya dikasih obat dan salap
dan diminta istirahat dirumah.

 2 x saya minum obat itu akhirnya yang bengkak itu pecah. Keluar cairan
berwarna putih +/- 1.5 gelas belimbing (maaf kalo rada jorok)
Setelah cairan itu keluar rasanya legaaaa banget. dan lama2 bengkaknya
jadi kempes.
Dan payudara saya jadi sembuh n normal kembali. Cuma ada seperti garis
bekas lubang yg keluar cairan itu.

Waktu saya menyusui anak ke 2 payudara saya normal2 aja dan bisa kasih asi
exclusive buat davina.

Sorry ya ceritanya kepanjangan. Mungkin bisa diambil hikmahnya.

Wassalam
Bunda Alvero n Davina
www.alvero.multiply.com

dhani resya <[EMAIL PROTECTED]>
05/11/2006 09:05 AM
Please respond to
balita-anda@balita-anda.com

balita-anda@balita-anda.com
cc

Subject
RE: [balita-anda] [SHARING] Benjoloan di payudara

yup betul kata p' ba, coba aja di massage pelan-pelan,
dulu teman sekamarku waktu ngelahirin juga pernah
cerita waktu abis ngelahirin anak pertama (waktu
ketemu aku dia abis ngelahirin anak kedua) dia pernah
ada benjolan juga dan sakit banget bahkan sampe
meriang ke dokter katanya harus di operasi dibilang
sih abses, tapi dia ga mau di operasi akhirnya dia
manggil dukun urut yang biasa ngurut orang abis
ngelahirin setelah beberapa kali di urut alhamdulillah
benjolannya ilang.

coba aja dulu alternatif lain, kalo memang udah mentok
ya baru di operasi. mudah2an istrinya cepet sembuh ya
pa' dan ga ada komplikasi apa2...

*sekalian nanya dunk.. abses itu bukannya bengkak
karena ada nanah di dalem? ato krn apa siy aku juga ga
gitu ngerti nih...*

--- Bambang Agustutianto

Kirim email ke