Dear Intan, Uci, Hani, Ratna dan parent yang lain

Berikut satu ilustrasi untuk merancang biaya pendidikan anak.

Langkah I
Tentukan besar kebutuhan saat anak masuk SD,SMP, SMA dan kuliah
Contoh:
Jenjang Pendidikan        Perkiraan biaya
SD                                Rp 5jt
SMP                             Rp 10 jt
SMA                             Rp 15 jt
Kuliah                            Rp 70 jt

Langkah II
Menentukan pilihan, mau asuransi atau tabungan pendidikan

Asuransi
Jika anda memakai produk asuransi pendidikan maka
premi yang harus dibayar untuk biaya diatas adalah
Rp 4.648.000 / thn hingga 18 tahun kedepan.

Memang manfaat asuransi adalah saat ortu meninggal
dalam perjalanan hingga 18 tahun kedepan maka disam-
ping mendapatkan santunan Rp 50 jt juga sisa premi akan
dibayarkan oleh pihak asuransi

Tabungan pendidikan.
Asumsikan anda mennggunakan tabungan pendidikan
yang menawarkan return hingga 10 % pertahun
maka jika anda menabung dengan nominal yang sama
( Rp 4.648.000), maka lama menabung cukup 6thn
(bandingkan dengan kewajiban membayar asuransi
pendidikan hingga 18 Thn).

Alternatifnya jika anda memang ingin menabung hingga
18 thn maka jumlah yang harus ditabung cukup sebesar
Rp 2.500.000 /thn, berarti ada penghematan sekitar
Rp 2.148.000.

Penghematan Rp 2.148.000 dapat digunakan untuk membe-
li asuransi, mengingat kelemahan tabungan pendidikan adalah
minimnya faktor asuransi. Dengan membeli asuransi untuk
premi sekitar Rp 2.148.000 maka seseorang dengan usia
sekitar 30 tahun akan mendapatkan pertanggungan hingga
Rp 200.jt, bandingkan lagi dengan produk asuransi pendidikan
diatas yang hanya mengcover sampai Rp 50 jt.

Ilustrasi diatas menggambarkan bahwa :
1. untuk mempersiapkan dana pendidikan anak, sebaiknya
    kita memilih produk tabungan pendidikan, carilah produk
    yang memberikan sukubunga tertinggi, saat ini yang ideal
    dapat hingga diatas 10 % dan bonus asuransi cuma-cuma.
2. Fungsi asuransi lebih tepat untuk menjamin income, untuk
    itu belilah asuransi jiwa seoptimal mungkin untuk melindungi
    penghasilan anda yang akan ditabung, berapapun anggaran
    anda, pastikan bahwa anda telah mengcover income anda
    dari resiko meninggal yang berdampak pada hilangnya income
    tersebut.

Demikian semoga menjawab pertanyaan dear parent

Salam Proteksi

F.Rasdi LUTCF