Dear Mamanya Laras,

Ini dari milis lain, coba dech mungkin bisa bantu.

Ibunya Aulia

-----------------------

Obat Sariawan untuk Balita

Tanya :
1.        Dear moms, numpang nanya, klo obat sariawan buat batita (2 th)
yg bentuknya diolesin ke sariawannya apa ya namanya ? klo Mycostatin itu
apakah aman buat batita juga (aman tertelan maksudnya ?) atau ada obat
tradisional yg lain ? (Li)
2.        Mau nanya apa obat sariawan yg manjur buat anak. anakku sering
sariawan, sekarang malah parah banget sampe gak mau buka mulut. semalem
udah ke udah ke dokter, dikasih mecostatin (udah sering banget pake ini
obat) sama antibiotik. maksudku besok2 supaya gak perlu ke dokter mulu
gara2 sariawan, obat bebasnya apa ya? kl madu sering juga dikasih, tp
gak tau sering sariawannya ketauannya udah gede aja. udah gak sabar kl
dikasihnya cuman madu. Maunya yg cepet tokcer. makasih ya! (Ma)

Jawab :
Solcoseryl mbak. Cuman agak susah ngasihnya bentuknya jel butek. Cuman
pas aku sendiri yg sariawan, aku pake, enak rasanya gak pedes kayak
abothyl. menenangkan banget  [Na]

Mycostantin aman utk anak2 batita. Malah anak2 saya pas masih bayi 8 bln
pernah sariawan, dan sama DSAnya dikasih obat ini. Rasanya juga enggak
pahit, jadi anak2 pasti suka. Apalagi kalo disimpennya di dalam lemari
es, pas dipakein rasanya adem banget. Saya juga kalo lagi sariawan pake
mycostantin ini. Cukup manjur juga, 2 kali pake, sariawannya trus
sembuh. [Ri]

Mbak, kalo aku kena sariawan biasanya aku kasih salep Kenalog yg
diolesin ke sariawan-nya. 2-3 hr langsung sembuh, aman tertelan kata
dokterku. cuman aku nggak tahu apa Kenalog ini aman buat batita ? coba
ditanyain ke DSA-nya [An]

Yang diolesin bisa coba salah satu dari kenalog atau daktarin oral gel
khasiatnya sama saja. kalau mycostantin mengobati dari dalam, kalau yg
gel mengobati lukanya. [Vi]

Mycostatin obat jamur, bukan untuk sariawan. biasanya dipake untuk lidah
putih di bayi. obat lain untuk sariawan, ada Kenalog (tapi harus resep
dokter,  kecuali klu bisa dapet di pasar). Trus ada juga obat cina,
bubukan  warna hijau, namanya aku ngga' tau (abis tulisan cina). Rasanya
pahit  banget. Botolnya kecil mungil. Sebetulnya kalau untuk anak2,
sariawan cepet sembuhnya. Sel2 mereka cepet banget tumbuhnya. Kasih jus
buah dan buah banyak2 aja. Obat ngga' terlalu ngaruh. take care, [Qu]

Kalau aku dikasih enkasari 1 sdm/hr untuk anakku 2.5 th. Soalnya ramuan
enkasari dari bahan alami (sirih / saga/kayu manis) sebetulnya boleh
ngga sih? [Ma]

Kalau anaknya udah bisa kumur sih ngga' papa, kalau ditelan sebaiknya
jangan, panas di perut. [Ni]

Mbak, enkasari bukannya memang untuk dikumur lalu ditelan? emang ngga'
boleh ya- [Ma]

Kalau anakku sudah mulai susah makan, pasti ada masalah sama mulutnya
dan aku kasih Mycostatin. Kadang 2 kali pakai udah enak lagi makannya.
Tapi belakangan aku denger Mycostatin itu termasuk obat antibiotik.
Bukannya antibiotik itu selang waktu pemakaiannya nggak boleh
sembarangan? Aku jadi takut sembarangan memberikan Mycostatin ini,
padahal aku udah merasa cocok sama obat ini. Tolong dong sharing dari
moms yang mengetahui mengenai pemakaian Mycostatin ini.  [Su]

Mbak Ma, Anakku juga sering sariawan dulu, tapi berdasarkan advise
beberapa teman, sekarang udah jarang sekali sariawan. Ada 2 tips untuk
pencegahan sbb :
1.        Rebusan akar alang2,  Beli akar alang2, biasanya di Hero yang
banyak. Direbus terus dikasih gula batu. Simpan di lemari es dan  bisa
diminumkan setiap saat. Biasanya sekali rebus aku pakai untuk 2 hari.
Minuman ini bagus sekali utk  mencegah panas dalam yang biasanya
menimbulkan sariawan.
2.        Lemon Honey (resep dari Australi) Satu jeruk lemon diperas,
campur dengan 2 sendok makan madu. Minum 2 kali sehari 1 sendok teh.
Simpan di lemari es, bisa untuk 2 hari. Selain untuk meningkatkan daya
tahan tubuh, anak juga gak gampang batuk pilek.  Semoga berguna ya! (Ir)

Kalo yg. tokcer  Abotil, tapi habis dikasih langsung nangis kejer dan
takutnya nggak mau lagi diobatin kapan2. Yang agak2 bersahabat cobain
Kenalog Oralbase. Sariawannya tertutupi salepnya. Cuma nggak tau juga
boleh buat anak2 nggak atau ada nggak yg. versi anak2nya. Anakku pernah
pecah bibirnya kejedot kening temennya pas lari2, aku kasih itu juga.
Cepet kok sembuhnya. Minimal nggak rewel anaknya. (Ri)

Boleh kok mbak, anakku pernah diresepin kenalog in orabase soalnya (St)

Kalau aku biasanya suruh anakku kumur2 pake cairan antiseptik spt
Bactidol (kebetulannya rasanya strawberry jadi dia suka2 aja). Kata
eyangnya yg kebetulan apoteker, cara yg paling cepet dan 'manusiawi'
(abotil juga cepet tapi sakitnya minta ampun) adalah cairan antiseptik
itu. Malah kalau nggak lagi sakitpun kumur2 itu bagus utk pencegahan.
Aku sendiri kalau tenggorokan udah mulai gatal langsung kumur2 bactidol,
drpd ke dokter pasti dikasih antibiotik. Kalau sariawan kumurnya di
mulut aja tapi kalau tenggorakan gatal ya agak dalam sedikit di
kerongkongan. Satu lagi obat sariawan yg menurut aku cukup ampuh adalah
obat cina (bentuknya bubuk) namanya lupa, warnya hijau, murah banget,
biasanya di toko2 kecil/warung suka jual. Aku suka juga pake itu. (In)