Waktu anak saya yg kedua (sekarang 4.5 tahun), saya dan suami mula-mula
meledek dia ih malu masih ngompol..depol (gede-gede ngompol), lalu saya
bujuk supaya lepas pampers, jadi tidur malam coba tanpa pampers. Tengah
malam, suami yg membangunkan anak utk pipis. Urusan bangun tengah malam,
adalah tugasnya suami saya. Saya paling ndak bisa bangun tengah malam.

Tapi, kadang suami suka tidur kebablasan, dan tidak membangunkan anak,
jadinya anak ngompol deh paginya. Akhirnya suami melarang anak minum susu
sebelum tidur. Kalau mau minum susu, terakhir adalah jam 8 malem. Tidak ada
minum susu tengah malam. Tapi sehabis itu, pada awalnya, anak saya jadi agak
sulit tidur malem, karena gak bisa ngedot botol susu. Tapi sekarang, sudah
bisa tuh. Tidak minum susu lagi malem-malem, lepas pampers, kalau suami pas
kebetulan kebangun tengah malam, maka anak akan dibangunkan juga, tapi
kalaupun tidak terbangun, ya udah, anak tetap tidak ngompol.

Tapi memang sih, saya ndak tega men-stop susunya. Apalagi anak saya itu
pinter sekali ngambil hati orang, jadinya anak saya itu kalau sudah di
kasurnya jam 9 malem, suka bilang kalo dia laper. Masa anak laper, kita gak
kasih makan sih ? Tapi saya  ajak makan nasi atau roti / biskuit, anaknya
gak mau, maunya susu. Tapi saya bilang ke anak itu, kalo gitu tanya papi
dulu, kalo papi ngijin-in, mami akan bikinkan susunya, mami gak mau
dimarahin papi gara-gara ngebikinin kamu susu. Gak tega juga sih, tapi ya
saya kuatkan tekad saya. Karena saya dan suami harus satu kata pada
anak-anak, maka saya harus mendukung suami saya. Akhirnya... Sekarang
berhasil nggak ngompol deh ! Tak lupa setiap pagi, kalau dia gak ngompol,
saya dan suami akan umbar pujian deh ke tuh anak. Hehe.heh.ehe....

Regards,
Gaby Halim