Kalau pengalaman saya pak, sampai sekarang saya mengalami "mata malas" alias hanya bisa melihat sebelah mata saja (mata kanan normal, mata kiri tdk bisa melihat). Karena waktu kecil orang tua saya terlambat mendeteksi kelainan pada mata saya. Pada saat kelas 3 SD, saya tanya ke ortu "Mah, kok mata kiriku ga bisa lihat jelas ya??" Ternyata mata saya harus dioperasi, tapi karena baru ketahuan pada saat umur 9 tahun, maka dokter bilang sdh terlambat. Seharusnya masih bisa dioperasi pada saat balita. Dan kira2 awal tahun lalu saya penasaran pergi ke Jakarta Eye Center untuk cari tahu cara penyembuhan penyakit "mata malas or Lazy Eye" ini. Ternyata dokter bilang penyakit ini tidak bisa disembuhkan. Jadi sampai sekarang saya hanya bisa melihat dengan mata yang kanan saja. Tapi pas kopdar sama warga BA, ga ada yang tau kan?? Tetep cantik kan? hehehe.... Saran saya, coba deh sampe di rumah nanti, segera cek/tes penglihatan anak kita dari jarak yang agak jauh dengan menutup sebelah mata secara bergantian kemudian ditanya mengenai angka or warna. Soalnya saya juga begitu takut anak saya mengalami hal yang sama seperti saya. Untuk pak Syaeful, mungkin sebaiknya bapak ikuti saran dokter agar tidak terlambat dalam penanganan seperti saya.

Salam,
Rini

----- Original Message ----- From: "syaeful_alam" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Tuesday, September 05, 2006 2:47 PM
Subject: [balita-anda] mohon saran ttg kelopak mata kecil sebelah

Dear mom & Dad,

mohon pencerahannya jika ada yang mengetahui atau mengalami seperti anak kami, bayi kami saat ini sekarang berusia 1 tahun lebih . Sejak lahir bagian kelopak mata sebelah kiri tidak sama dengan sebelah kanan (lebih kecil 2 mm) Saya telah berkonsultasi dengan dokter spesialis mata sejak usianya 3 bulan dan terus diobservasi setiap bulannya. Sekitar sebulan yang lalu, kami dirujuk ke ahli bedah kosmetika (mata) di rumah sakit yang sama, dan mendapat penjelasan bahwa anak saya perlu menjalankan operasi dikarenakan otot matanya tidak berkembang dengan sempurna seperti sebelah kanan. Menurut dokter juga tidak berkembangnya otot mata ini tidak hanya berpengaruh terhadap penampilan (estetika) saja tetapi akan mempengaruhi perkembangan retina matanya juga. Dokter menyarankan operasi dilakukan saat ia berusia 14 bulan tapi di umur hampir setahun kami melakukan second opinion ke JEY disana dikatakan harus cepat dioperasi karena akan mengakibatkan mata malas sehingga anak kami akan melihat hanya satu mata saja metodenyapun berbeda jika di Aini otot matanya diambil dari otot pahanya tp kalo di Jakarta Eye Center hanya dijahit di matanya saya, mungkin masing2 rumah sakit berbeda caranya, Pertanyaan saya adalah Apakah operasi yg akan dijalankan aman untuk anak saya mengingat usianya yg masih kecil dan harus suntik bius total & apakah sudah ada yang pernah mengalami seperti anak kami dan bagaimana penyelesaiannya?

trims

ayahbunda Rafi