kalo setau aku sih keloid itu ga dipicu oleh kerja
berat, tapi krn gen kali ya... jadi kalo keluarganya
ada bakat keloid ya ada kecenderungan keturunannya
juga bisa punya bakat keloid. tapi ga selalu juga.

keloid adalah pertumbuhan proliferatif pada jaringan
fibrosa, yang muncul diatas kulit yang mengalami
cedera atau diatas luka operasi.
jika terdapat lebih dari 1 keloid, maka disebut
keloidosis. (medicastore)

berikut aku copy pastekan artikel tanya seputar keloid

http://www.geocities.com/Vienna/Strasse/2994/keloid.html

** From: Arief Kurniawan ([EMAIL PROTECTED])
Netters Yth,
Saya punya kawan yang mempunyai benjolan di kaki yang
panjangnya +/- 5 cm dan lebarnya 1 cm. Dulu oleh
Dokter di ahli bedah plastik RSCM diberitahu namanya
keloid. Benjolan ini dulu sempat sembuh dg cara
disuntik seminggu sekali selama 3 bulan. Namun
sekarang tumbuh lagi. Kalau tidak salah obat suntik
itu dulu (1 th yl) berharga 35 rb yang bisa dipakai
utk 12 kali suntik. Itu belum termasuk biaya dokter
dan alat suntik-nya lho. Nah, yang saya ingin tanyakan
adalah apa nama obat itu & berapa kira2 harga obat itu
sekarang ? kemudian apakah ada alternatif lain selain
disuntik dan di operasi yang tentu saja memakan banyak
biaya dan belum tentu menjamin sembuh permanen itu ?
adakah obat2 luar (mis: salep/cream) yang dapat
digunakan utk penyakit ini ?
Thank's
Arief K

** From: "drHRMTauhid-al-Amien,MSc.,GradDipHPEd."
Saat ini yang saya ketahui hanya suntikan Kenacort ID.
Cara yang lain tidak tahu (Operasi juga masihberisiko
kambuh lagi; tampaknya ada bakat!!!)

** From: Lila Asmita ([EMAIL PROTECTED])
Pak dokter Tauhid yth,

Apakah dengan adanya orang2 tertentu yg berbakat
keloid, berarti orang2 tsb tidak boleh operasi
plastik? Misalnya saja jika operasi menghilangkan
kerut2, kerutnya bukan makin hilang tapi makin banyak
krn jendolan-jendolan keloid.

Mohon tanggapannya.

wassalam,

** From: "drHRMTauhid-al-Amien,MSc.,GradDipHPEd."
([EMAIL PROTECTED])
Benar, demikian adanya walaupun ada juga obat yang
dipasarkan untuk menghindari keloid. Oleh karena
itulah boleh dikata tidak ada dokter ahli bedah
plastik yang "suka" mengoperasi mereka yang punya
keloid. Jangan-jangan nanti keloidnya muncul!

** From: Armiadi ([EMAIL PROTECTED])
Assalamualaikum wr wb;
Menanggapi tentang keloid, saya mempunyai penghalaman
pribadi yang sudah cukup lama terjadi. Pada tahun 1978
saya mengalami kecelakaan motor dengan luka menganga
dan mengalami jahitan diatas alis kanan (ada dua
garis) dibawah mata kanan ada dua jahitan. Setelah
dijahit oleh dokter, ternyata ada keloid, semacam
daging tumbuh, tidak terlalu tebal sih. Oleh tukang
jamu dianjurkan supaya saya mengoleskan dengan "untuk
kayu mlanding". Yaitu kayu mlandingan (petai cina)
yang tidak terlalu besar(tua) dengan garis tengah
sekitar 2-3 cm, yang dibakar dan bagian ujung yang
tidak terbakar akan mengeluarkan semacam getah/cairan
berwarna kecoklatan. Getah tersebut dioleskan kebagian
yang berkeloid. Jangan kena air setelah pengolesan
itu. Kalau tidak salah dalam waktu 1-2 bulan sudah
tidak ada pertumbuhan lagi dan yang terlihat hanya
garis bekas jahitan saja. Semoga pengalaman ini dapat
berguna. mengenai kandungan apa didalamnya saya tidak
mengetahui dengan pasti. Sekian komentar dari saya.

Wassalam
Bess Tiesnamurti

** From: BHJo ([EMAIL PROTECTED])
Pertumbuhan keloid bisa dihindari dengan radiasi.
Kalau keloidnya sudah tumbuh, radiasi tidak effektif
lagi. Jadi keloidnya mesti dioperasi dulu, kemudian
dikasih radiasi (postoperative radiation) dalam waktu
satu atau 2 hari setelah dioperasi.

BH Jo

** From: Arief Kurniawan ([EMAIL PROTECTED])
Apakah ada obat utk penawar rasa gatal dari keloid
yang tumbuh tsb ? sebab teman saya bilang sering
sekali mengalami gatal yang hebat pada bagian
tersebut. Namun karena bila digaruk, dikhawatirkan
akan menambah penyebaran keloid tsb. Juga apakah ada
obat2an komersial yang dijual tanpa resep dokter utk
mengobati atau setidaknya meringankan keloid atau rasa
gatal dari keloid tsb ? Sekarang biaya operasi angkat
keloid sekitar 2,5 juta + radiasi wah.. mahal sekali
yah....... ada alternatif lain ?

Thank's

Arief K

** From: "drHRMTauhid-al-Amien,MSc.,GradDipHPEd."
([EMAIL PROTECTED])
Salah satu pilihan adalah suntikan intera dermal (ke
dalam kulit); rajin-rajin sajalah disuntik
krotikosteroid. Dari pengalaman saya satu botol cukup
untuk digunakan satu tahunan. Suntiknya pun mungkin
hanya perlu setiap satu bulan sekali (Pada tahap
awalmungkin perlu sepekan sekali).

Gatalnya ringankan dengan pelembab kulit secara lokal;
jika perlu ditambah dengan antihistamin yang
berkhasiat juga sebagai penekan rasa gatal.

maaf kalo ga banyak bantu...

-resya-