Mbak Renny...
Mau ikutan rembug ya...

Setau saya usia batita tuh belum waktunya duduk tenang.
Kecuali untuk saat2 tertentu,seperti makan, berdoa...dll

Betul kata mba Dini terlalu cepat bilang Tasya hiperaktif
Sesuai fitrahnya, anak umur segitu memang sedang giat2nya eksplorasi,
makanya mungkin benar juga kalau dipindahkan sekolahnya, sebab saya lihat
(dari apa yg ditulis mba) sekolah tsb tdk mengakomodasi kepentingan anak
yang mana (atau mungkin miss nya yg kurang ilmunya???)kok hanya karena
masalah absen dan tdk bisa duduk tenang saja kok dipermasalahkan...
(mungkin gurunya yg desperate krn ngga bisa mengatur anak sesuai dengan SOP
sekolah)
Jangan hanya melihat sekolah dari luarnya saja (asumsi saya sekolah tsb
berbahasa inggris),tapi lihat juga kualitas gurunya..

Sebab yang sudah sering saya lihat setiap hari di playgroup sekolah anak
saya (anak saya sudah TK,playgroup disampingnya) sudah biasa kalau anak2
berlari-larian keliling kelas...(kelasnya bukan tempat duduk, namun lesehan)
Biarpun mereka lari2an, asal suara guru cukup jelas, anak tsb dengar loh
mba... memang gayanya aja yg ga bisa diam

Nah... untuk contoh ya...
Biasanya ritual setiap hari dimulai dengan nyanyian, dan gerak badan dimana
disalah satu nyanyian tersebut ada acara mengabsen anak sambil  bernyanyi...
Guru :"Good morning Tasya how r u ?"
Tasya : "Just find!"
Lalu bergilir lagi sama anak lain Guru :"Good morning Kevin hw r u?"
Misalnya Kevinnya masih bengong, akan ditanya lagi :"Kevin...???"
Sampai dia jawab, kadang dibantu guru yg lain utk menjawab
Dan cara ngabsen seperti itu terlihat anaknya pada happy...
Kemudian duduk, lalu mulai berdoa...
Jika ada yg belum duduk satu kelas akan bernyanyi sama2
"Pat pat dilipat kakinya dilipat, yang belum dilipat namanya....(disebut
nama2 anak yg masih belum duduk tsb),otomatis karena semua pada nunggu, si
anak akan duduk.. kalaupun belum duduk akan dipeluk oleh salah satu guru,
lalu dipangku...
Kira2 selama ini saya lihat yg sudah berjalan begitu deh......

Jika ada anak yg "agak bermasalah" dalam hal ini belum siap berada di dlm
kelas, akan dipisahkan dari anak2 yg lain sehingga tidak menular kepada anak
yg sudah siap belajar.

Nah anak yg belum siap biasanya akan didampingi guru yg memang bertugas
untuk itu,biasanya akan diajak ngobrol2, menggambar,dll pokoknya sampai dia
merasa siap berada di dalam kelas
Biasanya akan ditanya :"Sudah siap bergabung dengan teman2?"
Kalau si anak sudah merasa "nyaman" pasti dia akan menganggukkan
kepalanya...

Kalau sampai manggil ortu, biasanya seperti bagi anak bermasalah misalnya yg
suka memukul, berkata-kata kurang baik/kasar, perubahan perilaku yg tdk
biasanya(murung,sedih, dlsb...)
Ortu akan ditanya seputar kegiatan dirumah, ada siapa saja dirumah dan lain
sebagainya, intinya utk mencari penyebab mengapa anaknya berperilaku
demikian dan diberikan solusi dimana ortu diminta untuk melanjutkan terapi
dari guru di sekolah diteruskan di rumah...

Lagipula inti dari anak kita bersekolah kan untuk bersosialisasi... untuk
kedisiplinan bukan saat ini harus sudah jadi, hanya perkenalan/pembiasaan..
Tenang aja.. masih banyak waktu...

Lagipula.. kalau anak tidak suka di sekolah tersebut, yah lebih baik
dicarikan sekolah lain,daripada nantinya jadi trauma sekolah...
Tandanya dia senang sekolah, dia akan merindukan saat pergi ke sekolah dan
bertanya Tanya kapan waktu sekolah tiba (pada saat dia libur)

Yeah... gitu deh... maaf ya kalau berkepanjangan...

fara