From: Mama Kavindra [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Thursday, October 12, 2006 10:56 AM
To: balita-anda@balita-anda.com
Cc: Janfred Nimrod Sitohang
Subject: RE: [balita-anda] imunisasi pada anak

Aku bantu dikit yaa
HIB -untuk mencegah meningitis - radang otak
 MMR - untuk perlindungan thd mups (gondongan) measles
(campak) rubella (campak jerman)
 THYPIM - perlindungan thd tipus... biasa disebut
vaksin tifoid

Berikut Keterangan Jadwal Imunisasi IDAI, Periode 2004

Saat lahir
Hepatitis B-1
Polio-0HB-1 harus diberikan dalam waktu 12 jam setelah
lahir, dilanjutkan pada umur 1 dan 6 bulan. Apabila
status HbsAg-B ibu positif, dalam waktu 12 jam setelah
lahir diberikan HBlg 0,5 ml bersamaan dengan vaksin
HB-1.
Apabila semula status HbsAg ibu tidak diketahui dan
ternyata dalam perjalanan selanjutnya diketahui bahwa
ibu HbsAg positif maka masih dapat diberikan HBlg 0,5
ml sebelum bayi berumur 7 hari.
Polio-0 diberikan saat kunjungan pertama. Untuk bayi
yang lahir di RB/RS polio oral diberikan saat bayi
dipulangkan (untuk menghindari transmisi virus vaksin
kepada bayi lain).

1 bulan
Hepatitis B-2Hb-2 diberikan pada umur 1 bulan,
interval HB-1 dan HB-2adalah 1 bulan.

0-2 bulan
BCGBCG dapat diberikan sejak lahir. Apabila BCG akan
diberikan pada umur >3 bulan sebaiknya dilakukan uji
tuberkulin terlebih dulu dan BCG diberikan apabila uji
tuberkulin negatif.

2 bulan
DTP-1
Hib-1
Polio-1DTP-1 diberikan pada umur lebih dari 6 minggu,
dapat dipergunakanDTwp atau DTap. DTP-1 diberikan
secara kombinasi dengan Hib-1 (PRP-T)
Hib-1 diberikan mulai umur 2 bulan dengan interval 2
bulan. Hib-1 dapat diberikan secara terpisah atau
dikombinasikan dengan DTP-1.
Polio-1 dapat diberikan bersamaan dengan DTP-1

4 bulan
DTP-2
Hib-2
Polio-2DTP-2 (DTwP atau DTaP) dapat diberikan terpisah
atau dikombinasikan dengan Hib-2 (PRP-T)
Hib-2 dapat diberikan terpisah atau dikombinasikan
dengan DTP-2 Polio-2 diberikan bersamaan dengan DTP-2

6 bulan
DTP-3
Hib-3
Polio-3DTP-3 dapat diberikan terpisah atau
dikombinasikan dengan Hib-3(PRP-T)
Apabila mempergunakan Hib-OMP, Hib-3 pada umur 6 bulan
tidak perlu diberikan Polio-3 diberikan bersamaan
dengan DTP-3

6 bulan
Hepatitis B-3HB-3 diberikan umur 6 bulan. Untuk
mendapat respons imun optimal interval HB-2 dan HB-3
minimal 2 bulan, terbaik 5 bulan.

9 bulan
Campak-1Campak-1 diberikan pada umur 9 bulan, campak-2
merupakan program BIAS pada SD kl 1, umur 6 tahun.
Apabila telah mendapat MMR pada umur 15 bulan,
campak-2 tidak perlu diberikan

15-18 bulan
MMR
Hib-4
Apabila sampai umur 12 bulan belum mendapat imunisasi
campak, MMR dapat
diberikan pada umur 12 bln
Hib-4 diberikan pada 15 bulan (PRP-T atau PRP-OMP).

18 bulan
DTP-4
Polio-4DTP-4 (DTwP atau DTaP) diberikan 1 tahun
setelah DTP-3.
Polio-4 diberikan bersamaan dengan DTP-5

2 tahun
Hepatitis AVaksin HepA direkomendasikan pada umur >2
tahun, diberikan dua kali dengan interval 6-12 bulan.

2-3 tahun
Tifoid
Vaksin tifoid polisakarida injeksi direkomendasikan
untuk
umur >2 tahun. Imunisasi tifoid polisakarida injeksi
perlu diulang setiap 3tahun.

5 tahun
DTP-5
Polio-5DTP-5 diberikan pada umur 5 tahun (DTwp/DTap)
Polio-5 diberikan bersamaan dengan DTP-5
\
6 tahun
MMRDiberikan untuk catch-up imunization pada anak yang
belum mendapatMMR-1

10 tahun
dT/TT
Varisela
Menjelang pubertas vaksin tetanus ke-5 (dT atau TT)
diberikan untukmendapat imunitas selama 25 tahun.

Vaksin varisela diberikan pada umur 10 tahun.

--- Janfred Nimrod Sitohang

Uci mamaKavin
http://oetjipop.multiply.com