Mbak.
artikel yg aku kasih di bawah ini adalah artikel resmi
dari IDAI...
yg perlu digaris bawahi adalah imunisasi wajib yg
diberikan saat pd anak spt hep B, BCG, DPT,  campak,
polio.. sifatnya wajib n harus...
Klo imunisasi lainnya spt varicella, MMR, HiB, tifoid,
hepatitis A sifatnya anjuran krn pemerintah blum
mampumen subsidinya tapi langkah baiknya klo kita ada
dana segera diberikan.

Masalah pemberiannya spt misalnya varicella (utk
proteksi thd cacar air) secara resmi IDAI menganjurkan
saat umur 10 th..
Kknapa unur 10 th ?  krn anak di bwh 10 th klo kena
cacar air  kena relatif lebih ringan penyakitnya n
akan kebal seumur hidupnya thd cacar air sehingga ntar
10 th ga perlu vaksin varicella ini..
Klopun ntar di atas 10 th kena cacar air bagi yg blum
divaksin tetep akan kebal seumur hidup thd penyakit
cacar air ini tetapi efek penyakitnya akan lebih berat
drpd dgn yg udah divaksin (efek dr penyakitnya yg udah
divaksin varicella lebih ringan drpd yg belum
divaksin)

Tetapi ada dokter yg memang menyarankan anak 12 bln/ 1
tg diberi vaksin varicella supaya anak lebih
terproteksi thd penyakit cacar air... harapannya sihh
tidak akan tertular penyakit cacar air ini (vaksin
varicella 97% memproteksi thd penyakit cacar air)
klopun terkena cacar air juga stl divaksin harapannya
akan sdikit skali efeknya...
So, monggo aja klo DSA menyarankan dpt varicella saat
1 th

Klo utk MMR resminya sih mulai anak umur 15 bln atau
umur 12 bln klo saat 9 bln blum dapet vaksin campak.
Jadi klo DSanya menyarankan MMR saat 3 th bisa
ditanyakan penyebabnya aja..

Smog bisa dikit bantu yaaa

Uci mamaKavin+

--- Hartini Suhermawati
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> jadi mau ikutan nanya nech ,
>
> Kalo lihat dari artikel ini varisela diberikan pada
> saat anak umur 10 tahun.
>
> Anakku 9 bulan kemarin baru imunisasi campak, dan
> disuruh kembali januari untuk imunisasi
> varisela/cacar air
> dan MMR menurut DSA hermina Dr Benny diberikan 3
> tahun
>
> Benar tidak ..

=== message truncated ===

Uci mamaKavin