Mbak, kok gaga l knapa?
Krn setauku nehhh imunisasi BCG  sangat bermanfaat
efeksitas vaksinnya saat anak di bwh 2 bln...
Di atas 2 bln kurang bermanfaat..utk kekebalan anak...

eh, iya ini aku ada Q_A dg dokter Wati milis _sehat_
tg imunisasi BCG yg tdk berbekas
Imunisasi BCG tidak berbekas
10/06/2005
Q : Dr. Wati Yth.,Anak Saya laki-laki 7 bln berat 10
kg panjang 67 cm. BB lahir 3.250 panjang 49. Terlalu
gemuk ya dok ? Dok, anak saya waktu usia 1 bln
imunisasi BCG tetapi tidak terlihat ada tanda bekas
suntikannya. Saya sudah konsultasikan ke DSA nya
katanya tubuhnya tidak respon dgn vaksin tsb. Tapi
saya tanya apakah perlu diulang katanya tidak perlu
hanya nanti pas umur 1 thn perlu dievaluasi kalau
berat badannya kurang maka perlu tes mantoux.
Bagaimana sebenarnya dok ? Saya kuatir dia jadi tidak
punya kekebalan terhadap penyakit tsb. Mohon
pencerahannya, terimakasih.
Evi
A : Anak kamu mungkin tampak gemuk, tapi yang penting
bukan itu, apakah berat badan dan tinggi badannya
sesuai untuk umurnya saat ini, dan apakah
pertambahannya sesuai dengan pertambahan usianya,
untuk itu Evi harus memplotkan data tinggi badan dan
berat badan ke grafik pertumbuhan yang terdapat pada
kartu KMS ataupun buku medical record anakmu.
Jadi, yang paling penting pada penilaian pertumbuhan
anak bukanlah keadaannya saat ini saja, tapi
KRONOLOGISnya (pertambahan tinggi badan dan berat
badannya tiap bulan).
Mengenai imunisasi BCG anakmu yang tidak berbekas ada
berbagai kemungkinannya, antara lain: penyuntikannya
yang terlalu dalam, tidak intra kutan, sehingga bisul
yang timbul setelah suntikan tidak terlihat dan tidak
meninggalkan bekas, zat vaksinasinya, ataupun memang
tubuh anakmu tidak bereaksi dengan pemberian vaksin
BCG. Mengenai pemberian ulang vaksin BCG memang tidak
perlu, karena efektivitas vaksin BCG akan maksimal
jika diberikan pada anak sebelum berusia 2 bulan, dan
pemberian setelahnya kurang bermanfaat.
Apapun penyebabnya, menurut saya Evi tidak perlu
khawatir apakah vaksinasi yang diberikan berhasil
tidak. Berpikir positif saja bahwa anakmu telah
diberikan vaksin dan berarti bahwa anakmu akan
terlindungi dari penyakit TB (walaupun kemungkinannya
tidak 100%). Bukankah niat yang baik pasti akan
dimudahkan jalannya oleh Tuhan? Selain itu, hal-hal
lain yang dapat dilakukan untuk mencegah anakmu dari
terinfeksi penyakit selain pemberian vaksinasi adalah
berikanlah asupan gizi yang cukup, berikan ASI,
ciptakan suasana rumah yang sehat (cukup sinar
matahari, tidak lembab, sirkulasi udara baik,
dll),jauhkan anakmu dari penderita agar tidak
tertular, dan lain sebagainya.
Mengenai pendapat DSA mu bahwa jika berat badannya
tidak bertambah saat berusia 1 tahun nanti lalu
dicurigai menderita TB dan dilakukan tes Mantoux, saya
kurang sependapat. Menurut saya tidak selalu berat
badan anak yang tidak naik-naik hanya disebabkan oleh
infeksi TB, walaupun memang salah satu gejala infeksi
TB adalah berat badan yang tidak naik-naik, selain
demam, anak yang tampak tidak aktif, batuk-batuk lebih
dari 3 minggu, dan adanya riwayat kontak
denganpenderita TB. Ada begitu banyak penyebab berat
badan anak tidak bertambah, selain TB, penyakit
lainnya adalah infeksi saluran kemih, malabsorpsi,
gangguan pertumbuhan. Dan yang harus diingat orangtua
adalah asupan makan yang kurang.
Jadi sekali lagi, Evi tidak perlu cemas dan
khawatir.Pokoknya lakukan segala hal yang dapat
mencegah anak dari terinfeksi penyakit. Mudah-mudahan
penjelasan saya dapat membuat Evi lebih tenang
ya.Peluk cium buat anakmu, semoga ia sehat selalu dan
tumbuh menjadi anak yang cerdas, kreatif, beriman, dan
berbakti kepada orangtua, amin.
Salam.Wati
--- Sudarmi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Dear Moms/Dads,
>
> Kalau imunisasi BCG gagal, kapan harus diulang?
> Karena ada dua DSA
> yang berbeda pendapat... yang satu bilang bahwa
> harus diulang umur 9
> bulanan, sedangkan DSA satu lagi berpendapat bahwa
> diulang pun tidak
> terlalu banyak pengaruh untuk kekebalan anak...
>
> Trims sebelumnya...
>

> Cheers,
> Darmi

Uci mamaKavin