UHT yg plain mo dikasih ke anak mulai 1 th gpp kok
mbak..

Anakku mulai UHT umur 1 th...
Awalnya sih aku campur dg air putih dulu 1 bagian susu
UHT plain n  3 bagian air putih... aku sih takut
anakku ga kuat dg susu sapi krn aku juga ga kuat ama
susu sapi murni... puji Tuhan sih anakku gpp trus lama
aku tambah kekentalan susu UHT airnya aku kurangin...
lama2 full susu UHT dehhh sampe sekarang walo kadang2
masih minum juga susu kedel, susu sapi asli or UHt yg
berasa juga... tapi rutin sih UHT yg plain..

Ini aku tambah artikel ttg susu UHT yaa
SUSU SEGAR DAN SUSU CAIR, APA BEDANYA?

http://www.tabloid- nakita.com/ Khasanah/
khasanah06305- 07.htm
Susu cair lebih awet kalau disimpan dalam kemasan yang
baik.

Saat ini di pasaran telah beredar beragam susu cair.
Ada yang memberi label susu segar, susu pasteurisasi,
susu sterilisasi atau susu UHT ( Ultra High
Temperature ). Tahukah Anda, semua jenis susu tersebut
memiliki kandungan gizi yang sama karena telah
diformulasikan sama dengan susu segar. Namun dibanding
susu segar, aneka susu yang telah mengalami proses
pengolahan tadi memiliki kelebihan, yakni waktu simpan
yang lebih lama.

Utami Sri Rahayu. Foto: Iman/nakita

Narasumber: Dr. Ir. Nuri Andarwulan dari Departemen
Teknologi Pangan dan Gizi, Institut Pertanian Bogor

SUSU SEGAR

* Susu segar adalah susu dari sapi, kerbau, kuda,
kambing atau domba yang sehat dan tidak tercampur
kolostrum.

* Syarat susu segar yang baik: mengandung tidak kurang
dari 3,25 persen lemak susu dan 8,25 persen padatan
bukan lemak.

* Tidak mengandung tambahan air, bahan tambahan pangan
dan antibiotik, serta belum mengalami perubahan warna,
bau dan kekentalan.

* Memiliki citarasa paling baik dibanding susu cair
yang telah diproses karena kandungan asam lemak susu
(asam butirat) masih bagus.

* Demi menjaga keamanan pangan, susu segar yang akan
diminum langsung sebaiknya diproses terlebih dulu.
Caranya, dengan memanaskannya hingga mencapai suhu
70ú80 derajat Celcius selama 5-10 menit. Jadi, jangan
sampai mendidih agar emulsi susu tidak pecah.

* Susu segar yang telah diproses harus segera diminum
dan habis saat itu juga. Bila disimpan dalam suhu
ruang dikhawatirkan mikroba-mikroba yang ada di udara
bebas akan merusak susu tersebut. Masa simpan dalam
suhu ruang tak lebih dari 2 jam.

* Bila disimpan dalam lemari pendingin, kemungkinan
mampu bertahan selama 12 jam. Namun usahakan
menggunakan wadah yang telah disterilisasi (dapat
menggunakan gelas atau botol gelas yang telah
direbus).

* Mikroba yang berada di udara akan mencemari susu
segar yang telah diperah. Ini karena kondisi suhu
udara dan tingkat kelembapan di Indonesia tinggi
(rata-rata 28° - 30° C).

SUSU UHT (Ultra High Temperature)

* Susu segar atau susu rekonstitusi atau susu
rekombinasi yang disterilkan pada suhu tidak kurang
dari 135° C selama 2 detik dan segera dikemas dalam
kemasan steril.

* Pemanasan dengan suhu mencapai 135° C sudah mampu
membunuh bakteri yang ada.

* Citarasa susunya sudah tidak terlalu bagus karena
telah melalui proses pemanasan dengan suhu tinggi.

* Kelebihan proses ini tidak menghilangkan kandungan
nutrisi mikro, seperti vitamin dan mineral.

* Kandungan gizinya telah diformulasikan menyerupai
susu segar dan susu formula bubuk. Kandungannya tidak
kurang dari 3,25 persen lemak susu dan 8,25 persen
padatan bukan lemak.

* Dapat disimpan dalam suhu ruangan.

* Waktu penyimpanan mencapai 6 bulan sampai dengan
setahun untuk kemasan yang belum dibuka.

SUSU STERILISASI

Beberapa produsen susu mengeluarkan produk susu
"penambah energi". Kandungan kalori, protein, dan
mineralnya memang lebih tinggi dibandingkan susu
formula lainnya. Alhasil, energi yang masuk ke tubuh
anak pun diyakini secara otomatis lebih tinggi. Selain
itu, susu jenis ini memang lebih mudah diserap oleh
pencernaan karena komposisi lemaknya berbentuk MCT (
Medium Chain Triglycerides ). Bahkan, susunan asam
amino yang terkadung di dalamnya pun tergolong lengkap
untuk melakukan sintesa protein.

Biasanya, susu ini dikategorikan sebagai menu tambahan
atau pelengkap. Namun mengingat kandungan zat gizinya
memang terbilang komplet, susu penambah energi ini
boleh dikatakan sebagai pengganti makanan. Meski
demikian bukan berarti anak hanya mengonsumsi susu ini
dan tak perlu lagi menyantap makanan yang lain.

Susu penambah energi sebaiknya diberikan pada anak
yang nafsu makannya tergolong buruk atau rendah. Namun
sekali lagi, alangkah baiknya jika orang tua lebih
dulu berkonsultasi dengan dokter anak atau ahli gizi
anak untuk mencari tahu apa penyebab buruknya nafsu
makan si kecil. Apakah karena gangguan medis atau ada
faktor psikologis, semisal bosan dengan menu makanan
yang itu-itu saja maupun suasana makan yang tidak
menyenangkan.

SUSU PASTEURISASI

Susu pasteurisasi adalah susu segar yang dipanaskan
dengan metode high temperature short time atau dengan
metode holding dan segera dikemas dalam kemasan steril
. Selain susu segar, proses pengawetan dengan cara
pasteurisasi diterapkan pula pada susu rekonstitusi
dan susu rekombinasi. Susu rekonstitusi adalah susu
cair yang disiapkan dengan penambahan air pada bubuk
susu berlemak ( full cream), atau bubuk susu skim,
atau bubuk susu rendah lemak. Sedangkan susu
rekombinasi adalah susu cair yang dihasilkan dari
campuran komponen susu (susu skim, krim) dan air.

* Suhu saat dilakukan pemanasan mencapai 65° C sampai
80° C agar dapat mematikan bakteri penyebab penyakit.

* Kandungan gizi susu pasteurisasi telah
diformulasikan sama dengan susu segar dan susu formula
bubuk. Kandungan lemak susunya tidak kurang dari 3,25
persen dan 8,25 persen padatan bukan lemak.

* Citarasa susunya masih baik karena tidak melalui
proses pemanasan yang tinggi.

* Masa simpannya antara 5-7 hari pada suhu 4° C atau
dalam lemari pendingin.

SUSU KENTAL MANIS

* Produk susu kental manis diperoleh dengan cara
menghilangkan sebagian air melalui proses evaporasi
(penguapan) sehingga diperoleh kepekatan tertentu.

* Kandungan gizinya berbeda dari susu segar. Bahkan
kandungan vitaminnya lebih rendah bila dibandingkan
dengan susu segar. Susu jenis ini memang tidak
ditujukan untuk pemenuhan pola 4 sehat 5 sempurna.
Lebih banyak digunakan sebagai campuran bahan masakan.

* Kandungan gula dan lemaknya sangat tinggi, sehingga
tidak cocok diberikan kepada bayi.

* Produk ini dapat digolongkan sebagai produk dengan
masa kedaluwarsa panjang karena tingginya kandungan
gula yang dapat mencegah pertumbuhan mikroba. Kemasan
yang belum dibuka mampu bertahan sampai 2 tahun.
Sedangkan kemasan yang sudah dibuka hanya mampu
bertahan kurang lebih 2 bulan, itu pun bila disimpan
dalam lemari pendingin.

TIP-TIP PRAKTIS MEMILIH SUSU CAIR

M emilih produk susu cair tidaklah sulit. Yang penting
periksa dengan teliti sebelum membeli. Berikut
panduannya:

* Pilih produk dengan kemasan sempurna (tidak cacat,
tidak penyok, dan sebagainya).

* Baca tanggal kedaluwarsa yang terdapat dalam
kemasan.

* Bila kemasan sudah tampak menggembung, pertanda
sudah tercemar oleh mikroba.

* Walaupun kemasan produk terlihat sempurna (tidak
cacat), cobalah keluarkan sebagian. Cicipi apakah
terasa asam. Bila asam pertanda sudah ada bakteri di
dalamnya. Ini bisa terjadi karena kebocoran kemasan
yang sangat kecil sekalipun. Selanjutnya, bakteri
penghasil asam itu akan membuat cairan susu
menggumpal.

--- Rachmawati Krisdjoko <[EMAIL PROTECTED]>

Uci mamaKavin
http://oetjipop.multiply.com