Sharing ya... kebetulan adek saya sendiri perna kecanduan, tadinya ga
ketauan tapi belakangan akhirnya ketauan juga karena ciri-ciri nya udah
keliatan secara fisik.

Awalnya utk melepaskan dia dari ketrgantungan kitapakai jasa dokter, dimana
oleh dokter dikasi obat, terapi dll.. dll... rupanya cara ini ga mempan,
akhirnya diambil alternatif ke pesantren.... pd saat di pesantren memang
bisa bener tapi pulang dari pesantren kambuh lagi, pernah juga dicari
alternatif agak kasar dimana dikasi ke polisi aja biar dipenjara... ini juga
ga mempan akhirnya semua keluarga pasrah... selain tdk ada keinginan dari
dirinya uk sembuh dia juga udah jadi bagian dari distribusi ginian

Akhirnya dibiarin begitu aja apa adanya tapi setiap gerak geriknya tetap
dipantau, tdk boleh keluar rumah, tdk dikasi uang jajan, barang2 dirumah
diberesin (takut dijual) sampai akhirnya keinginan sembuh keluar dari
dirinya sendiri.

Tips nya menurut pengalaman kami:
1. setelah ketahuan ketergantungan, waspadai lingkungan nya, jangan sampai
ikut nimbrung dengan lingkungan yang tdk baik, baiknya ada yang mengajak di
autk selalu berada di lingkungan yang baik spt lingkungan mesjid atau
lingkungan sendiri
2. jangan sampai dibiarkan sendiri, org yang ketergantungan selalu butuh
temen
3. makan nya diatur, jangan sampai makan sembarangan, sebaiknya diet ketat
4. anggota keluarga lain sabar dan harus menerima keadaan ini

Semoga tdk ada lagi keluarga yg ketergantungan atau keluarga dari temen yang
ketergantungan, urusan yang satu ini sudah membuat keluarga cape dan stress
luar biasa mulai dari urusan dgn polisi, urusan dgnsindikat dll. Dll.. bom
lagi barang yang suka tiba2 hilang. Semoga tdk kejadian lagi...

rgds,
rahman

"Kerjakanlah sesuatu secara tulus dan wajar, dan segalanya akan baik.
 Kesempurnaan terletak pada motivasi kerja, bukan pada pekerjaan"