pak pd,

saya punya pengalaman mirip kayak anaknya temennya pak pd, tapi
syukurlah gak sampe trauma. Ceritanya sekitar 2 taun yg lalu saya
nonton di tipi ada liputan soal potong-memotong kambing/sapi pas Idul
Adha di daerah mana gitu. Nah pas kebetulan si sapi yang dipotong
miris banget, entah karena pisaunya kurang tajem ato yang yang motong
bloon, agak lama sampe si sapinya melenguh2 kesakitan gitu, hiks :(
dah berdarah2 tapi blon mati, huhuhu
sedih banget liatnya, mana anak2 kecil yang yang pada berkerumun di
situ malah pada sorak2. Saya sampe nangis nontonnya (pdhal dah gede
gitu!) sampe misua bingung kenapa kok saya sesenggukan. Walah ternyata
penyebabnya sapi toh :-p

Malah ada lho temen saya yang pecinta sapi, suka koleksi pernak-pernik
sapi, setiap Idul Adha pasti masuk kamar & nutup kupingnya erat2 pake
bantal. Soalnya depan rumahnya pas mesjid, ktnya gak tega liat sapi2
'temennya' pada dipotong, hehe

Saya aja yang dah bangkotan masih bisa nangis (apalagi anak kecil!),
sampe kebayang2 tuh lenguhan si sapi yang menyayat ati. Tapi ya
menghibur diri aja, toh si sapi bakal masuk surga :) ya mungkin
diceritain aja pak ke anaknya temennya dengan kata2 sederhana, bahwa
si kambing/sapi yang dipotong itu kan berkorban untuk niat mulia,
bahwa setelah mati nantinya mereka bisa ketemu dan main2 di padang
rumput ijo yang luas & indah sama temen2nya (surga maksudnya). Udah
ngerti blon ya umur segitu? Kl si Pasha siy belon :D

maappp kl kurang membantu (dan malah curhat) :-p

happy new year,
Hera