dear all,
aku saat ini pake alat kontrasepsi spiral sejak sekitar 40 hari setelah
melahirkan dan sejauh ini gak ada keluhan ...kenapa pilih spiral ? ini hasil
diskusi dengan suami dan DSOG-ku...yang aku tau secara umum alat kontrasepsi
kan ada yang hormonal (pil, suntik, implant) dan non-hormonal (iud/spiral,
kondom)...kata DSOG-ku hormonal cenderung lebih banyak efeknya ketimbang non
hormonal, karena cara kerjanya memang bikin hormon kita cenderung gak
balance...efeknya ya mulai dari napsu makan nambah, jerawatan, sampe
mengganggu siklus haid (bbrp temenku ada yang brenti haid, ada juga yang
malah haid sampe 3 bulan gak brenti˛)...tp efek ini juga akan tergantung
kondisi masing˛ orang...jadi gak semua efek terjadi pada semua orang...emang
cocok˛an...trus biasanya setelah brenti pake kontrasepsi hormonal perlu
waktu juga untuk bikin kadar hormon dalam tubuh kembali balance....jadi
kadang setelah bbrp bulan brenti pake suntik/pil baru deh siklus haid lancar
lagi...
soal efek kista/endometriosis, aku pernah baca juga tp lupa
persisnya...mungkin harus nanya DSOG untuk lebih jelasnya...yg jelas waktu
itu dia bilang spiral gak pengaruh ke kista&gank...mudah˛an bener :)
kalo pake spiral yang aku tau harus rajin kontrol juga ke dokter karena
musti sering diliat posisi si spiral ini masih ok atau udah turun...kalo
posisi-nya berubah, ada kemungkinan terjadi kehamilan (sekitar
2%)...kesimpulan : kdg memang perlu trial-error untuk nemuin yang paling
cocok, tp yang penting tetep konsultasi sama DSOG aja....
maaf kalo kurang membantu :)....

cheers,
linda