From: rasdi [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Wednesday, January 24, 2007 5:50 PM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: Re: [balita-anda] OOT: Ada yang berminat Tabungan Pendidikan
Danamon?

Asuransi bukan investasi !!!

Dear All

Saat ini banyak produk asuransi yang mengklaim sebagai sarana
investasi, hasil akhirnya adalah tidak akan optimal karena nilai
asuransinya relatif kecil, apalagi hasil investasinya ..............

Sebagai finansial consultant maka saya anjurkan untuk memisah 2 hal
tersebut kedalam kebutuhan dan keranjang yang berbeda karena dengan
demikian anda akan mengoptimalkan dana anda.

Dalam hal asuransi kebutuhan seseorang akan berbeda dengan yang lain,
untuk itu pastikan kemungkinan kebutuhan asuransi apa saja yang diperlukan
dan carilah produk yang terbaik dari asuransi yang ada.

Produk asuransi yang dikemas sekaligus kedalam investasi hampir dijual
disetiap perusahaan besar, seperti prudential, allianz, manulife dll, produk
ini laris manis karena sangat mendatangkan keuntungan besar baik bagi
penjual alias agent ataupun bagi perusahaan, lalu bagaimana dengan kita
sebagai nasabah.

Beberapa kerugian yang tidak disadari dari nasabah seperti berikut:

1. Pengambilan nilai tunai
    jika anda butuh dana pada thn-thn awal, katakan anda setor Rp 1jt /thn,
    lalu thn kedua anda harus mengambilnya, maka anda harus siap rugi
    karena bisa jadi anda hanya akan menerima tidak lebih dari 50% dari
    total dana yang telah dibayar, mohon dilihat bagi mereka yang telah
    memiliki polis atau proposal / penawaran yang ada.

2. Hasil investasi akhir yang tidak optimal
    biasanya ilustrasi yang ada akan membandingkan antara jumlah premi
    yang telah dibayar dengan hasil investasi yang didapat sehingga
tampaknya
    akan menarik, namun jika anda hitung seolah-olah anda menginvestasi
    ditempat lain dengan return yang sama katakan untuk jangka waktu
    10 thn maka yang sebenarnya anda akan mendapat hampir 200% dibanding
    hasil investasi yang ada, mengapa demikian? karena jika anda murni
    menabung maka tidak akan ada potongan apapun terhadap tabungan
    anda selain pajak dan biaya adm.
    sebaliknya investasi melalui produk asuransi, bisa jadi premi tahun
pertama
    seluruhnya akan terpotong untuk biaya macam-macam, thn berikutnya
    paling tidak masih akan terpotong lagi minimal 5% dari premi yang
disetor,
    ini semua terdapat dalam polis yang jarang dicermati dan tak akan anda
    lihat saat ilustrasi / proposal ditawarkan ke anda

3. Lama pembayaran premi tidak dijamin
    jika anda membayar premi katakan 5 thn, 10 thn ataupun 15 thn maka
    tidak akan ada jaminan dipolis bahwa setelah jangka waktu tertentu anda
    membayar premi maka anda belum tentu akan dicover selamanya, karena
    jika nilai tunai tidak mencukupi untuk membayar biaya asuransi maka
polis
    anda akan kadaluarsa atau anda harus kembali membayar premi lanjutan,
    nilai tunai sangat tergantung pada kinerja hasil investasi, masalahnya
    biasanya perusahaan asuransi tidak dapat memberikan jaminan akan
    hasil investasi disaat ini atau bahkan dithn-thn mendatang.

Nah Dear parent,
Kita semua tahu bahwa kebutuhan biaya pendidikan yang makin lama kian
mahal rasanya keinginan menabung saja belum tentu menjamin pemenuhan
kebutuhan dana pendidikan anak kita, namun mulailah berhitung dengan
mengoptimalkan tabungan yang ada.

Saat ini telah banyak alternatif investasi yang masih dapat terkategori
aman dengan hasil yang jauh dibanding menabung deposito, jika
hasil depositopun sudah dinilai tidak memadai maka anda akan semakin
tidak memadai dengan menggunakan asuransi bea-siswa yang ada.

Selamat mencermati dan salam proteksi.

F.Rasdi LUTCF
praktisi dan pemerhati masalah asuransi