From: "Siti Aida" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Monday, August 25, 2003 11:02 PM
Subject: Re: [balita-anda] Sikap di Sekolah TK

> Halo Ibunya Diva,
>
> Kebetulan sekali, saya ini justru ibunya seorang anak TKA yg super aktif
dan cenderung agresif. Jadi boleh ya saya share sudut pandang dari sisi ini.

> Saya  pikir yang penting sekali adalah kerjasama antara guru dan semua
orangtua murid secara konsisten. Di sekolah anak saya, kebetulan orangtua
dari murid sekelas dikumpulkan dan diperkenalkan satu sama lain. Guru
menceritakan evaluasi umum di kelas, dan memfasilitasi diskusi. Hal-hal yang
pribadi tentunya tidak dibahas, tetapi hal seperti anak saya yang cenderung
butuh perhatian khusus karena tingkah polahnya bisa mengganggu proses
belajar, dibahas bersama dengan tujuan mencari jalan keluar.

> Akhirnya kami sepakat, bahwa di rumah, semua anak dibantu mengevaluasi
kejadian di kelas, dan kalau ada yang perlu diklarifikasi, jangan sungkan
untuk saling menghubungi sesama orangtua, ini untuk membantu menjelaskan
pada anak masing2 sehingga mereka bisa mengatasi apa yang mereka rasakan
(misalnya takut pada si anak hiperkatif itu). Anak-anak ini kan sedang
belajar bersosialisasi, belajar menghadapi hal2 tidak nyaman dalam hidup,
jadi akan terbantu sekali kalau kita yang dewasa bisa terbuka satu sama lain
dengan tujuan saling membantu tentunya :-)

> Salah satu ibu mengatakan hal ini pada anaknya "Nak, Ayumi itu bukannya
nakal, tapi dia belum mengerti. Dia sedang belajar supaya bisa jadi seperti
kamu dan teman-teman. Jadi kamu harus bantu ajarkan dia supaya mengerti,
bahwa mendorong itu tidak baik"

> Ada lagi bapak yang mengajarkan pada anaknya "Kalau kamu didorong Ayumi,
bilang Jangan. kalau masih juga, bilang lagi, Ayumi, stop. Kalau masih juga,
liat, sebelum dia mendorong, tahan tangannya begini (diperagakan) dan bilang
lagi, Ayumi, jangan. Nah kalau belum berhasil juga, bilang pada bu Gurumu"

> Itu semua dikatakan di depan saya, atau diceritakan oleh orangtua yang
bersangkutan langsung kepada saya. Alhamdulillah saya merasa besar hati,
daripada diomongi di belakang sebagai ibunya si Ayumi yang nakal, teman2
sesama orangtua membantu menjelaskan pada anak mereka tentang masalah si
ayumi dan cara mengatasinya. Tak dinyana, ini menumbuhkan kepedulian di
antara anak2 kecil itu... mengharukan sekali bagi saya!

> Saya bekerja, tidak bisa selalu mengantar anak. Tapi saya pastikan tiap
malam menelfon orangtua2 lain, bergantian, tanya apa kejadian hari itu.
Pasti kalau jadi mereka kan mangkel andai anak saya yang didorong, tapi saya
pastikan bahwa mereka tahu, saya aware akan kekurangan anak saya dan butuh
bantuan mereka untuk mengatasinya. Alhamdulillah sekarang teman2nya Ayumi
yang kasih laporan kemajuan Ayumi setiap hari. Sudah seminggu ini ngga ada
insiden dorong mendorong.. ini hasil kerja keras & prestasinya semua
orangtua murid!

> Jadi Ibu Diva, usahakan komunikasi tentang hal ini dengan guru tapi juga
dengan orangtua si anak yang hiperaktif itu. Sambil tiap saat memungkinkan,
membahas dengan Diva bahwa temannya itu butuh bantuan dia untuk belajar
supaya tidak lagi harus memukul, melainkan bisa 'pintar' seperti Diva.
Mungkin dia terbantu dengan berpikiran "membantu mengajarkan si anak itu"
daripada berpikir "bagaimana menghindari si anak itu" yang artinya
menghindari sekolah.

> Nah kalau tentang kekurangan tenaga guru karena ada yang sakit... ini
harus dibahas dengan pihak sekolah. Kalau memang gurunya kewalahan dan guru
satunya sakitnya lama, tentunya mereka harus berpikir untuk cari pengganti,
walau hanya sementara. Perbandingan guru : murid untuk anak usia seperti itu
tidak bisa ditawar ya.. kalau dipaksakan bisa2 guru yang cuma satu itu pun
ambruk karena stress.