pak,

ini saya copy paste beberapa info dari milis _sehat_ dan internet
mengenai luminal/fenobarbital.

INTINYA pak, kalau anak sakit, cari tahu ya, pak... kenapa sakit,
diagnosanya apa, obatnya apa, sesuai apa ndak. bukannya kita jadi sok
tau, lebih jago dari dokter, tapi ya masak iya, anak sakit ndak tau
nama penyakitnya apa. padahal kalo kita mo beli kripik sanjay,
pastinya nanya2 harganya berapa, enak gak, de el el, de es te...

yuk belajar bareng di milis ini, walopun kalo hari jumat dan wiken,
buat yang gak tahan OOT, mending unsubscribe aja...hihihih..

mbak Eni,
ini sekedar untuk referensi saja, karena kejadiannya sudah lalu.

saya copykan dari makalah dr Wati

Phenobarbital / Luminal
Tergolong obat anti kejang, oleh karena itu merupakan salah satu
pilihan obat untuk epilepsi. Di Indonesia, fenobarbital diberikan
kepada hampir semua anak/bayi demam dengan tujuan mencegah terjadinya
kejang demam. Padahal, dalam standard operating procedure (SOP)
tatalaksana kejang demam maupun SOP demam tidak mencantumkan perlunya
pemberiaan fenobarbital untuk mencegah terjadinya kejang. Kejang demam
tidak dapt dicegah. Oleh karena itu pemberian fenobarbital pada anak
demam merupakan pola pemberian obat yg tidak rasional.

Pemberian fenobarbitalpada kondisi demam bukan saja tidak diperlukan,
bahkan dapat merugikan. Fenobarbital merupakan salah satu obat yg
dapat menekan ensim sitokrom P450 di hati, ensim yg berperan dalam
metabolisme obat tahap pertama. Penakanan ensim ini menyebabkan
terganggunya metabolisme obat lain yg diberikan bersamaan dengan
fenobarbital, akibatnya konsentrasi obat lain akan meningkat dan
meningkat pula resiko toksisitas obat yg diberikan bersama
fenobarbital.
Misalnya, pemberian feobarbital dengan parasetamol menyebabkan kadar
parasetamol dalam darah meningkat ( dibandingkan bila parasetamol
hanya dierikan tanpa fenobarbital) sehingga resiko 'keracunan'
parasetamol pun meningkat.Hal yg sama terjadi bila fenobarbital
diberikan bersama chloramphenicol,steroid, teofilin,metronidazole,
rifampisin, obat asma, obat selesma.

Efek samping yg mungkin timbul :
- mengantuk, penurunan kesadaran
- sakit kepala
- pusing/dizziness
- depresi atau hiperaktivitas
- gangguan lambung
- muntah-muntah

========

13. PLEASE ADVICE OBAT - TITA - 111005
Diagnosisnya apa ya? Kan patokan utama dalam rangka tatalaksana yang
rasional adalah permasalahan yang menyebabkan timbulnya gejala ...
alias diagnosisnya ... dari situ baru kita tentukan tatalaksananya
(istilah yang saya lebih sukai adalah tatalaksana bukan pengobatan
karena tatalaksana belum tentu harus obat).... nah anakmu diberi 7
obat (belum terhitung obat yang dimasukkan dari terapi inhalasi nya)!!
Kasihan kan ya ... orang dewasa saja kalu mengalami kondisi seperti
anakmu pasti tidak harus mengkonsumsi sebanyak itu ...

uraian di bawah ini berlalu juga untuk Laeli terkait masalah racikan

Anakmu tidak demam ... kemungkinan besar (bahkan sangat besar)
penyebabnya bukan infeksi ...
Kejanggalan pertama ... katakanlah infeksi sekalipun umumnya kan virus
mengapa harus diberi antibiotik?
Kejanggalan kedua ... mengapa harus rutin mengkonsumsi parasetamol?
Padahal, ketika anak demam sekalipun kan tidak otomatis rutin 3 kali
sehari sampai puyernya habis (5 hari?) ...
Kejanggalan ketiga, diberi bronkodilator (salbutamol) dan steroid
(dexa; steroid yang kuat pulaa...) ... anakmu asma? Ada mengi?
Kejanggalan keempat .. diberi luminal ... pasti tujuannya untuk
mencegah kejang demam ... padahal demam aja gak ya kan ... padahal
kalau demam juga gak usah dikasih luminal ... kan kejang demam tidak
bisa dicegah)
Kalau saya jadi kamu Tita .. tak akan saya berikan obatnya

============

PARASETAMOL DAN LUMINAL
Thanks atas semua partisipasi asupan nya
Menarik sekali. Mau ikut urun rembug ya.

Ada dua hal besar dalam pemberian kedua obat ini.
(1) praktek good prescribing? Selection of drugs?;
(2) drug interaction?;
(3) unnnecessary medicines?

Kita tahu waktu PESAT RUD .. kita sedikit belajar soal proses
pengambilan keputusan dalam praktek GOOD PRESCRIBING dari WHO.
Step pertama ... tentukan akar permasalahan
Step kedua ...    tentukan diagnosisnya
Step ketiga ...    tentukan objective of treatment (tentukan
tujuan memberikan terapi ...
Step keempat ...selection of drugs (pilih obatnya yang mana
            yang tepat sesuai diagnosisnya, dosisnya,
       lamanya terapi; obat juga dipilih yang efektif,
        aman, dan tak mahal)
Step kelima .... start the treatment
Step keenam ... evaluate the treatment
Step ketujuh .... kembali ke permasalahan si pasien ... apakah benar
yang kita tentukan tadi, apakah belum tepat, apakah ada permasalahan
lain dst dst

Nah mari kita sama-sama analisis soal pemberian kedua obat ini dari
sisi good prescribing terlebih dahulu

1. Kenyataan ... banyak sekali anak demam diberi campuran kedua obat
ini .... padahal kebanyakan demamnya kan karena ISPA akibat infeksi
virus. Dan kita tahu bahwa demam termasuk pada ISPA virus ...  tidak
butuh fenobarbital

2. Dari butir satu di atas maka kita tidak menemukan tujuan terapi yang jelas.
Mencegah Febrile convulsion?
RCH memang menyatakan bahwa febrile convulsion "bisa dicegah" ... tapi
bukan dengan penmberian obat antikejang ... melainkan dengan
parasetamol.
Di lain sisi .. Prof Noel Cranswick menulis laporan penelitiannya yang
menunjukkan bahwa diberi atau tidak diberi parasetamol, tidak ada
perbedaan bermakna terkait munculnya kejang demam.
Yang jelas .. tidak ada guideline manapun yang menyatakan bahwa kita
harus mencegah kejang demam dengan memberikan antikejang

3. Dari butir 1 dan 2 di atas, maka ... pemberian kedua obat tsb pada
anak demam merupakan suatu bentuk "VIOLATION" terhadap step ke4 yaitu
pemilihan obat yang TEPAT

4. Kalau 4 step di atas sudah centang perenang, tentunya step
berikutnya juga menjadi rancu dari kaca mata RUD dan Good prescribing.

Nah ... sekarang mari kita lihat dari sisi DRUG INTEACTION NYA ...
Dari textbook Drug Interaction nya Pak Ivan ... summary gabungan
parasetamol dengan antikonvulsan sbb

1. Efek parasetamol BERKURANG
Penelitian membuktikan bahwa pemberian parasetamol bersamaan dengan
antikejang termasuk fenobarbital/luminal akan mempercepat pembuangan
(clearance) parasetamol ...
Mengapa?
Kita tahu bahwa obat anti kejang merupakan inducer ensim sitokrom hati
(di induksi artinya kerjanya dirangsang, ditingkatkan, dipercepat).
Akibatnya, proses metabolisme parasetamol pun dipercepat dan
pembuangan dari tubuh pun berlangsung lebih cepat pula.
Lalu apa dampak klinisnya?
Efek analgesik dan antipiretik parasetamol menjadi berkurang ....
Nah lhoooo!!! padahal katanya pencampuran parasetamol dengan luminal
supaya lebih efektif hehehe
Supaya panas lebih cepat turun
Supaya anak gak kejang demam ...
Lesson learned nya: Kasih parasetamol aja deh, gak usah campur dengan luminal

2. HEPATOTOKSISITAS
Penelitian pada pasien epilepsi yang memperoleh parasetamol ternyata
mengalami hepatitis (radang hati akibat efek samping parasetamol).
Rangsangan terhadap ensim sitokrom hati oleh obat anti kejang
menyebabkan percepatan terbentuknya metabolit parasetamol .... padahal
metabolit parasetamol ini sifatnya hepatotoksik.
Dalam keadaan normal, metabolit ini akan di detoksikasi oleh
glutation. Ketika pemberian parasetamol dibarengi dengan luminal, maka
pembentukan metabolit hepatotoksik ini berlangsung jauh melebihi
kemampuan dan kapasitas glutathion untuk mendetoksikasi.... leading to
liver damage.
Memang risiko ini jelas apabila konsumsi parasetamol nya berlebihan
atau untuk jangka panjang.
Di lain sisi, ketika obatnya tidak dibutuhkan dan potensial
menimbulkan efek samping ... mengapa pula kita mesti ambil risiko ...
mengapa pula milih yang potensial bikin susah ketika ada cara yang gak
bikin susah ...

CTM DI PUYER ANAK DEMAM
Ada isu lain yang dimunculkan juga yaitu mengapa DSA sering memberikan
obat ini termasuk CTM (Ibu Wikan kalau tak salah) ...
Ini juga menarik dan bisa dianalasis lewat ke 7 step good prescribing di atas.
Kalau permasalahannya infeksi virus, tujuan pemberian antihistamin ini
kan menjadi tidak jelas.
Kalau browsing di cochrane, antihistamin buat selesma/influensa kan
tak ada efeknya, tak ada manfaatnya.

Cari efek drowsiness nya? Ngantuknya?
Lah ya jangan toh. Tujuan pemberian obat kan harus sesuai efektivitas
dan indikasinya bukan sesuai efek sampingnya.
Kalau anak rewel ketika sakit, itu kan karena njarem ... mungkin
parasetamol bikin dia lebih tenang karena njarem nya berkurang.
Kalau anaknya mengantuk akibat antihistamin seperti CTM itu, nanti
orang tua panik, kok behaviornya berubah ... jadi lemes, tidur terus
(padahal ... pelajaran kita soal demam ... umumnya tidak berbahaya,
perhatikan behavior anak, karena behavior anak merupakan parameter
klinis yang sangat penting untuk menentukan ada tidaknya kegawat
daruratan.

==========

http://www.drugs.com/cdi/luminal.html

Luminal
Pronunciation: fee-noe-BAR-bi-tal
Generic Name: Phenobarbital Injection
Brand Name: Luminal

Luminal - used for:
The short-term treatment of sleeplessness, the relief of anxiety,
tension, and fear, and the treatment of certain types of seizures,
especially in emergency situations. It also may be used to treat
certain conditions as determined by your doctor, which may not be
listed in the professional package insert.

Luminal is a barbiturate. It works by depressing the central nervous
system. This aids you in relaxing and going to sleep.

Do NOT use Luminal if:
you are allergic to any ingredient in Luminal
you have the blood disorder porphyria
you are also taking sodium oxybate (GHB)
Contact your doctor or health care provider right away if any of these
apply to you.

Before using Luminal:
Some medical conditions may interact with Luminal. Tell your doctor or
pharmacist if you have any medical conditions, especially if any of
the following apply to you:

if you are pregnant, planning to become pregnant, or are breast-feeding
if you are taking any prescription or nonprescription medicine, herbal
preparation, or dietary supplement
if you have allergies to medicines, foods, or other substances
if you suffer from depression, have suicidal tendencies, have a
history of substance abuse
if you have liver problems, respiratory disease
if you have pain or are in shock
Some MEDICINES MAY INTERACT with Luminal. Tell your health care
provider if you are taking any other medicines, especially any of the
following:

Sodium oxybate (GHB), stiripentol, or valproic acid because the side
effects of Luminal may be increased
Methoxyflurane because the actions and side effects may be increased by Luminal
Beta-adrenergic blockers (eg, propranolol), clozapine, corticosteroids
(eg, hydrocortisone), digitoxin, doxycycline, estrogens, imatinib,
metronidazole, oral contraceptives (eg, norethindrone/ethinyl
estradiol), quinidine, theophyllines, voriconazole, or warfarin
because effectiveness of these medicines may be reduced
This may not be a complete list of all interactions that may occur.
Ask your health care provider if Luminal may interact with other
medicines that you take. Check with your health care provider before
you start, stop, or change the dose of any medicine.

How to use Luminal:
Use Luminal as directed by your doctor. Check the label on the
medicine for exact dosing instructions.

Luminal is usually administered as an injection at your doctor's
office, hospital, or clinic. If you are using Luminal at home,
carefully follow the injection procedures taught to you by your health
care provider.
If Luminal contains particles or is discolored, or if the vial is
cracked or damaged in any way, do not use it.
Keep this product, as well as syringes and needles, out of the reach
of children. Do not reuse needles, syringes, or other materials.
Dispose of properly after use. Ask your doctor, nurse, or pharmacist
to explain local regulations for proper disposal.
If you miss a dose of Luminal, take it as soon as possible. If it is
almost time for your next dose, skip the missed dose and go back to
your regular dosing schedule. Do not take 2 doses at once.
Ask your health care provider any questions you may have about how to
use Luminal.

Important safety information about Luminal:
Luminal may cause drowsiness. Do not drive, operate machinery, or do
anything else that could be dangerous until you know how you react to
Luminal. Using Luminal alone, with certain other medicines, or with
alcohol may lessen your ability to drive or to perform other
potentially dangerous tasks.
Avoid drinking alcohol or taking other medications that cause
drowsiness (eg, sedatives, tranquilizers) while taking Luminal.
Luminal will add to the effects of alcohol and other depressants. Ask
your pharmacist if you have questions about which medicines are
depressants.
Luminal may decrease the effectiveness of your birth control pill. To
prevent pregnancy, be sure to use an additional form of birth control
while using Luminal.
Use Luminal with caution in the ELDERLY because they may be more
sensitive to its effects.
Luminal is not recommended for use in CHILDREN younger than 12 years
of age. Safety and effectiveness in this age group have not been
confirmed.
PREGNANCY and BREAST-FEEDING: Luminal has been shown to cause harm to
the human fetus. If you become pregnant, discuss with your doctor the
benefits and risks of using Luminal during pregnancy. Luminal is
excreted in breast milk. If you are or will be breast-feeding while
you are using Luminal, check with your doctor or pharmacist to discuss
the risks to your baby.
When sleep medicines are used every night for more than a few weeks,
they may lose their effectiveness to help you sleep. This is known as
TOLERANCE. Sleep medicines should usually be used only for short
periods of time, such as a few days and generally no longer then 1 or
2 weeks. If your sleep problems continue, contact your doctor.

When used for long periods of time or at high doses, some people
develop a need to continue taking Luminal. This is known as DEPENDENCE
or "addiction." If you suddenly stop taking Luminal, you may
experience WITHDRAWAL symptoms, including anxiety, convulsion or
seizures, dizziness, increasing weakness, lightheadedness, muscle
twitching, nausea, sleeplessness, trembling hands and fingers, unusual
visions, vomiting.

Possible side effects of Luminal:
All medicines may cause side effects, but many people have no, or
minor, side effects. Check with your doctor if any of these most
COMMON side effects persist or become bothersome:

Agitated mood; clumsiness; confusion; dizziness; excessive daytime
drowsiness; headache; injection site reactions; lightheadedness; low
blood pressure; nausea; slow heartbeat; slowed breathing; vomiting.

Seek medical attention right away if any of these SEVERE side effects occur:

Severe allergic reactions (rash; hives; difficulty breathing;
tightness in the chest; swelling of the mouth, face, lips, or tongue);
difficulty breathing; liver damage.

This is not a complete list of all side effects that may occur. If you
have questions or need medical advice about side effects, contact your
doctor or health care provider. You may report side effects to the FDA
at 1-800-FDA-1088 (1-800-332-1088) or at http://www.fda.gov/medwatch.

If OVERDOSE is suspected:
Contact 1-800-222-1222 (the American Association of Poison Control
Centers), your local poison control center
(http://www.aapcc.org/findyour.htm), or emergency room immediately.
Symptoms may include change in size of pupil; cold, clammy skin; deep
sleep; loss of consciousness; slowed or fast breathing.

Proper storage of Luminal:
Store Luminal at room temperature between 68 and 77 degrees F (20 and
25 degrees C). Store away from heat, moisture, and light. Keep Luminal
out of the reach of children and away from pets.

General information:
If you have any questions about Luminal, please talk with your doctor,
pharmacist, or other health care provider.
Luminal is to be used only by the patient for whom it is prescribed.
Do not share it with other people.
If your symptoms do not improve or if they become worse, check with
your doctor.
This information is a summary only. It does not contain all
information about Luminal. If you have questions about the medicine
you are taking or would like more information, check with your doctor,
pharmacist, or other health care provider.