From: "afie reno" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Thursday, September 11, 2003 2:47 PM
Subject: Re: [balita-anda] cara menyapih anak...

> Dear All,
> Waahh sama nih sama anak saya (1,5 th) yang sedang dalam proses disapih.
Anak saya sebelum tidur selalu sambil 'nek' ASI. Tapi setelah 1 tahunan, ASI
hanya buat pengantar tidur saja.
> Saya belajar dari pengalamannya Pak Taufan, sudah mulai dari 4 bulan yang
lalu, saya dan suami selalu terus menerus mengatakan bahwa dia boleh minum
ASI sampe umur 1,5 tahun aja. Diberi pengertian terus menerus gitu.
> Nah sudah 2 minggu belakangan ini, nayla mulai belajar tidur sendiri,
tanpa 'nek' ASI. Walaupun kadang berhasil kadang nggak.
> Caranya: sebelum tidur si Nayla saya bikin kenyang dulu. Makan cemilan dan
minum susu pediasure (karena berat badannya agak kurang).
> Mula-mula sebelum tidur dia gelisah, bolak-balik, mungkin antara pengen
'nek' ASI tapi koq udah gak boleh. Sepertinya dia tau bahwa dia udah gak
boleh minum ASI lagi, dia berusaha tidur sendiri, kadang saya senandungkan
lagu shalawat nabi, lampu dimatiin...
> pokoknya senyaman mungkin.
> Sejauh ini, lumayan berhasil, dari 7 hari, 4 hari bisa tidur gak pake
'nek' ASI, kemaren gagal mungkin karena lagi pilek, jadi manja dan rewel.