ya  idem dg kang modie..
punya asisten dua duanya setia dan ga neko2, pinter masak,pinter
bebenah,sopan,bisa dipercaya wong naruh dompet aj bebas...
triknya sedrhana juga...jadikan mrk kelurga kita tapi bkn berarti bikin
merek ngelunjak, yah pinter2 kita mengarahkannya saja..
pengalaman sy seh, makan makanan yg sama,bebas ngatur waktu asal pagi kudu
bangun lbh dahulu, ngobrol bareng, nonton bareng, komunikasi juga..jadi
sesibuk apapun tetep nanya keadaan dia, kelurga dikampung gimana,
kebutuhan dia  dll...jadi mrk merasa mereka bukan dianggap pembantu tapi
bagian dr keluarga...
alhamdulillah betah2 saja dah 4 tahun ngikut kerja...dua2nya ABG tapi
pikirannya dewasa..
sekarang mlh pelan2 aku ajak dia ngajarin nayla bhs english kosa kata
ringan aja...mayan juga skrg dah ngerti dikit2 klo aku ngom ma nayla dia
meniru juga kalau bicara ma nayla..:-)

kata kuncinya lagi2 KOMUNIKASI, jadi kalau mrk mrasa nyaman walo iming2
gaji ditempat lain besar mrk ga tergoda..
nyaman dlm arti mrk ga merasa sungkan,kaku,jenuh palagi takut..sering2 aja
ajak ngobrol pelan2 kasih pandangan...
cuma tergantung dpt pembantunya yah kalo tipe dr awal dah ga baik yah
mending jgn diajak kerj lama2..

"Rahman Gunawan" <[EMAIL PROTECTED]>
04/04/2007 02:17 PM
Please respond to
balita-anda@balita-anda.com

<balita-anda@balita-anda.com>
cc

Subject
RE: [balita-anda] PRT.,..oh PRT...

Pengalaman saya sederhana aja, anggap mereka sama dgn kita.... sama-sama
makan makanan yang sama, sama-sama punya hak utk bermain dll.. dl.. pd
intinya anggap lah mereka jadi bagian dari keluarga.

Selama ini punya asistan (3) berpisah atau ditinggal pergi gara2 mereka
akhirnya menikah dan sama suami nya ga boleh bekerja lagi

rgds,
rahman
info balita - http://www.balita-anda.com

email id: [EMAIL PROTECTED]