iya pak...setuju dgn m'Devi.
dulu pas kehamilan ke2 (dr 4x hamil ;P ), dinyatakan janin tdk berkembang,
diksh suntik penguat dan obat klo dlm waktu 2mgg kemudian tdk ada perubahan
hrs dikuret.
Saya cari sampe 5th opinion dan semuanya mengatakan begitu, tpi saya keukeuh
gak mau dikuret krn yakin hml. Ternyata takdir dan seleksi alam berkata
lain, terjadi pendarahan dan keluar gumpalan2 darah. Akhirnya ya dikuret
juga...

Trus ada cerita dr temen, dia juga berulang kali hml tpi selalu keguguran
spontan. Pas khmln brp gitu...gak ada tanda2 keguguran tpi dr hsl usg
dinyatakan janin tdk berkembang. Dia cari 2nd opinion ke seantero dktr di
jkt, lalu ada 1 dktr (sebut aja A, lupa siapa) yg mengatakn gpp,  dicoba
pertahankan dgn syarat tdk tjd pendarahan. Eh pas usia 3 bulan tnyata ada
tanda2 kehidupan....dan alhamdulillah anaknya lahir dgn selamat.
Dan setelah anaknya lahir, dktr A ini buka rahasia, tnyata dia tuh dulu jg
hampir menyarankan hal yg sama, hrs dikuret, tpi krn dia liat kondisi mental
temen saya ini down bgt, gak tega ngomongnya akhirnya dia saranin lanjutin
aja. Maksudnya klo tnyata tdk berkembang pasti akan luruh dgn sendirinya eh
tnyata malah jadi, bener2 mukjizat ;-)

Intinya sih pak, kita ikhtiar aja...usaha cari2 opinion lain dan jgn lupa
berdoa.
Anak itu rejeki...rejeki sudah digariskan dari sejak manusia dlm kandungan
:)

Utk DSOG, saya gak tau klo di daerah2 itu, ato klo mo coba ke Frans Putuhena
di Mitra Jatinegara.
Dulu ada temen saya jg pernah divonis apa gitu (lupa lg!) trus ke dktr ini,
dia kasih saran yg berbeda dgn dktr yg lain. Akhirnya sih happy ending (duh
maap pak cerita lengkapnya lupa)

cheers,
~ela~

*sdg mengalami short term memory loss*

Salam kenal juga pak ..
ga ada salahnya cari second opinion dulu .. klo perlu 2 or 3 dokter ..
supaya lebih yakin,
9 bulan setelah nikah aku sempet terlambat mens 2 mgg .. blom aku test,
pagi2  pas bangun tidur aku KM dan keluar darah agak bergumpal2, aku lgs
ko
dokter .. blio ga bisa memastikan  100%  klo aku hamil tp dr hasil usg
terlihat rahim membesar dan menebal, menurut blio kemungkinan ada
keguguran
spontan krn  kualitas sel telur yg kurang bagus or pembuahan yg ga
sempurna. Aku cuman di kasih vitamin aja krn wkt di usg rahim udah bersih
5 bln setelahnya aku hamil lagi .. pas kehamilan 2 bln sprt biasa aku
kontrol, dokternya (dokter lain dg yg pertama ) pas usag ga keliatan
janinnya sama sekali cuman keliatan kantong janin n gumpalan daging aja ,
blio bilang janin tdk berkembang aku dikasih vit. dan harus kembeli 1 mgg
klo msh tetap  sama .. mk hrs digugurkan.
besoknya setelah discuss ma temen kantor akhirnya aku putuskan u cari
second opinion ke luar kota (Surabaya, aku di Mojokerto), sore itu aku lgs
konsul ke dokter lain dan hasilnya ... janin aku bagus, sehat , detak
jantungnya jg bagus, kelihatan jelas gerakannya .. malahan kata dokternya
janinku termasuk besar u ukuran kehamilan 2 bln.
Puji Tuhan .. 9 bln kemudian  anakku lahir sehat ...

yg tenang ya pak .. coba cari opinion lain, semoga baik2 aja ..

Devi