From:
[EMAIL PROTECTED]
a.com
[mailto:[EMAIL PROTECTED]
lita-anda.com] On Behalf Of Reni
Sent: Wednesday, April 18, 2007 8:59 AM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: RE: [balita-anda] Toilet Training

Mom Hafiz, kalo mau mengajari hafiz pipis dan pup ngga lagi dicelana,
kenapa musti nunggu papa nya yang ngajarin, kita juga sebagai ibunya
bisa koq, gini aja amati dulu berapa lama biasanya jarak pipisnya
hafiz..
nah kalo dah ketauan mis; 1/2jam or 1 jam ajak ke kamar mandi bukain
celananya and ajak bicara "hafiz pipis dulu yuk, sambil pegang2x
burungnya pelan2x...
begitu juga kalo mau pup, kan kalo anak kecil itu mau pup biasanya
disertai sering kentut nah kalo dah gitu kita ajak deh sambil bilang
dede hafiz e'e dulu yuk sama mama,...sambil kita bercerita atau sambil
ajak dia ngobrol atau sambil main...jadi terbentuk suasana yg nyaman
buat hafiz,...intinya yang penting jgn dipaksa takutnya trauma.
kalo pengalamanku u/ ngajarin daffa pup di kamar mandi malahan ngga
langsung dicloset loch, tapi aku biarin dia pup dilantai emang sich
sedikit jorok tapi aku ilangin deh tuch rasa geli toch anak sendiri
ini,itu ngga berlangsung lama, akhirnya dia sendiri yang minta pupnya di
closet, lama2x sekarang daffa dgn usia yang baru 2thn1bln udah bisa
bilang mama e'e kalo mau pup or mau pipis, dan udah 5bln ini ngga pernah
ngompol lg,dan udah bye2x sama diapersnya dari 2bln yang lalu, tiap hari
dah pake CD.
ok deh gitu aja sharingnya, good luck ya...

maknedaffa