anak sering menangis kalau ketemu orang asing.
seperti saya sampaikan sebelumnya, anak perlu lingkungan yang nyaman.
anak belum paham mana yang bahaya dan tidak.

orang asing, umunya dianggap menakutkan anak.
kalau seperti itu, maka ajaklah (misal dengan digendong) untuk bersalaman dengan tamu dan ajaklah mengucapkan salam/say helo ke tamu. ajaklah anak mengobrol sebentar dengan tamu, bukan kita 'simpan' di kamar belakang seperti waktu kita kecil dulu. kalo ini bisa dibiasakan maka insyaallah anak akan tahu dan yakin bahwa orang yang datang ke rumahnya bukan orang yang menakutkan/jahat.

sukur2 tamunya mau bercanda dengan anak kita.

latihan selanjutnya adalah mengajak anak bersosialisai dengan tetangga di lingkungan sekitar rumah.
selanjutnya teman-teman sekolahnya.
cara melatihnya sama, kita harus terjun langsung dan memastikan pada si anak bahwa lingkungannya fine fine saja.

sebenarnya tidak ada yang perlu dipusingkan asal kita tahu yang dibutuhkan anak dan triknya.
be smart parents & teachers.

wassalam